skip to Main Content
true life

 ———————— PROLOGUE ————————–

Pertanggal 18 Agustus 2016 saya menulis essay pendek ini sebagai bentuk ucapan terimakasih, pesan/kesan dan cita-cita maupun doa bagi saya maupun Parametr Architecture.

Keinginan saya untuk magang sebenarnya sudah ada sejak semester 2, memang masih samar tapi saat-saat awal kuliah saya sudah mulai penasaran sebenarnya apa dan bagaimana seorang arsitek biasa bekerja ? bagaimana keadaan kantornya ? apa semua arsitek itu harus tentang bangunan ? “hmmmm, harus magang nih

Sebuah pertimbangan yang berat kala itu untuk menyisihkan waktu 1 semester (6 bulan) menunda studio akhir dan harus mau bolak-balik Jakarta-Yogyakarta, biaya ? waktu ? ya banyak hal yang dikorbankan. Alhamdullah niat ini bisa terlaksana pada 15 Maret 2016.

Mengapa Parametr Architecture ?

Hasil mengepo beberapa biro sebenarnya. Saya tertarik dengan program magang di biro ini melalui website anak magang (magangers) https://parametrthinkbeyond.com/ . Melalui web ini tergambar bahwa biro ini memiliki kurikulum magang yang menarik dan fun untuk bisa belajar dan berproses. That’s true guys

 ————————– CONTENT ————————–

Menurut cerita yang beredar diweb tentang anak magang yang lemah pengetahuan arsitektur, sebelum masuk saya banyak-banyak membaca dahulu sebelum masuk kantor (biar gagitu malu-maluin gapahamnya huahaha) tapi ya tetap saja masih keliatan gapaham. Setiap diskusi pasti ada aja kata-kata ini :

“hah apa mas ? itu siapa mas ? tulisannya gimana mas ?”

Sedikit kikuk rupanya ketika kami (anak magang) yang biasa mengerjakan sebuah project dalam deadline santai lalu dituntut untuk bekerja dalam hitungan hari bahkan jam. Kepala sudah cenut-cenut, bagaimana bisa ide dipaksa keluar ? literatur jawabannya. Perlahan saya mulai menyeimbangkan cara kerja kantor, paham standarisasi, kalkulasi area, cad standart kantor. Intinya banyak-banyak bertanya, jangan malu, baca apapun dan telan dulu saja semua yang didapat.

Kami (anak magang) diberi porsi untuk mensupport kinerja Project Architect baik dalam desain maupun produksi gambar, interior atau eksterior. Kami mensupport hampir semua tipologi (residential, mixuse, commercial, hospitality dll), cukup menyenangkan bisa merasakan mendesain banyak tipologi bangunan. Hari demi hari kami (anak magang) lalui dengan mendesain, makan dan bercanda. Cad, Sketchup, Photoshop, Coreldraw, Excel bahkan Vegas Studio Video sudah seperti teman setiap hari. Hahahaha

Selain Real Project kami (anak magang) juga mensupport Program R&D (research & development). Saya ditugaskan untuk membangun teori “Krowakisme” yang saat itu masih benar-benar samar.

“Piye Mas ? Krowakisme mau dimulai dari mana ?”, Saya

“Sik yo bingung nang hahaha”, Mas Aryo

Diskusi demi diskusi, bedah proyek setiap malam rabu, survei lapangan merasakan efek krowakisme (magical of krowakism) jalan terang mulai terbuka. Dengan niat dan sedikit kenekatan (salah yoben) untuk menyusun akhirnya tersusunlah beberapa modul “Krowakisme” berikut. (semoga berlanjut)

1

Sayembara adalah refresing menelurkan ide yang terbatas pada real project. Kami (anak magang) selalu dilibatkan dalam hal ini dari awal. Kami sering belajar pola pikir Prinsipal dan arsitek juga dari sini. Diluar kantor pun kami juga dibebaskan bersayembara sendiri (kalau kuat hahaha), buku-buku referensi sudah ada belum lagi para arsitek dan principal yang terbuka mensupport.

3

4

Kantor juga sangat aktif mendorong para arsitek maupun anak magang untuk mengikuti acara arsitektur dari Diskusi, Open House, Launching Buku dll tujuannya adalah untuk memperluas pengetahuan (dibalik tujuan refresing). Pada kesempatan ini saya berkesempatan pula untuk mengadakan Parametalk 2.2, menyenangkan bisa berdiskusi dan berbagi bersama banyak orang hebat.

2

 ———————— CONCLUSION ————————

Sebuah proses yang menyenangkan untuk bisa memahami dan belajar arsitektur di Parametr Architecture, saya rangkum 3 hal utama yang saya rasakan :

BUKU

Literatur dan pengetahuan itu penting banget. Sikat semua buku atau media digital lain, arsitektur atau non arsitektur baca sebisa kamu baca. Arsitek adalah seorang yang harus tau berbagai hal, berbagai masalah dan pemecahannya (meski hanya secuil). Membaca akan melatih arsitek semakin peka dan kreatif memikirkan pemecahan dalam problem desain dsb.

PESTA

Seimbangkan hidupmu, kerja keras boleh tapi dahului dengan bahagia (fun). Saya semakin percaya dengan hati yang bahagia setiap perkerjaan akan mudah dan cepat terselesaikan. So jangan hanya kerja kesehatan jiwa dan ragamu lho. Boleh lah kita ‘pesta’ sesekali, bermain dan berjalan-jalan melihat sekitar.

5

CINTA

Love what you do. Kalau memang ingin jadi Arsitek ya cintai ilmunya, cintai prosesnya, tangis-tawanya bekerja. Lakukan yang kamu cintai dan bahagialah.

6

Diakhir kata saya akan menjawab pesan pertama yang diajukan Mas Aryo saat saya magang :

“Selamat menemukan jawaban akan jadi apakah kamu ?  Welcome to the Jungle hahaha.”, Mas Aryo

“Nice Jungle Mas hahaha, I want to live there like I love what I do now as an Architect, hopefully you can see my nice work in the future.”, Saya

 ———————– THANKS TO ————————–

Terimakasih berat untuk Ketiga Prinsipal (Mas Aryo, Mas Harun, Mas Joffi) sudah diterima buat magang dan belajar banyak di Parametr Architecture terimakasih buat share ilmunya diskusi berbagai pendekatan desain. Buat Mbak Sari, makasih dan maaf sering izin mbak  (jangan galak-galak ya mbak), Buat Mbak Suci, makasih sudah membantu suplay dana bulanannya. Buat Mbak Yessi, ilmu layouting dan standart interiornya makasih, Buat Mas Bamby Thanks berat mas udah dipercaya bantu Interior hotel dari awal, saya bakal baca standart dan regulasi lagi mas biar gangawur desainnya haha, Buat Mas Tomy, thanks ilmu kalkulasinya, tetep dengerin Indie Music, Keep Solo Comfort haha, Buat Mas Ali, Thanks mas udah diajarin touchup photoshop dan diajakin sholat (tetep calm ya mas), Buat Mas Ryan, Ilmu Cad gw udah upgrade thanks ye dibikin muntah-muntah ngecad (salam buat mamah), Buat Mas Kano, makasih syudah dibimbing magangnya, tambah sregep mas ngantor mas, Buat Mas Andri, Thanks udah dipercaya bantu-bantu dan diajaki

n lembur. Sabtu – minggu gw jd lebih berwarna mas. Buat Mas Pandu, Thanks buat share ilmu IT nya, syudah di instalin laptopnya, Ojo kakean lembur mas kesehatanmu lho, Buat Mas Supar, suwun mas dah diajarin manage folder, diriku sekarang dah rapi lho, Gus Par idolakuh, Buat Mas Ibnu, Ilmu maket lu luwar biasak, salam cutter dan penggaris, Buat Mas Robby, makasih udah mau direpotin kalo kompeternya ngadat, Buat Pak Syahrir, makasih dah dianterin kalau survei proyek.

Thanks buat temen-temen magang, Buat Zul, thanks udah disambut dan dijelasin program magang di Parametr, sukses kuliahnya, Buat Nisa, makasih ya nis buat diskusi-dskusinya, semangat cari kerja ya sukses semoga dapet yang kamu pengenin, Buat Lisa, jangan galau muluk, semoga dapetin sesuai yang lu pengenin ye (dalam hal apapun nih) hahaha, Buat Monic, enjoy ya dikantor, semangat magangnya lu pasti bisa tambah jago, Buat Aldo, semangat pak, kalau capek sebat dulu saja, tambah sangar do haha, Buat Dias, Tambah rajin belajarnya, master ryan siap membantumu.

Cukup sekian yang bisa saya tulis, mohon maaf sebesarnya kalau ada salah-salah yang tersirat maupun tersurat. Terimakasih banyak maju terus Parametr Architecture.

Terus Berkarya dan Sukses Selalu.

 

Oleh : Danang Seta Wijaya – Atmajaya Yogyakarta University 2012

Back To Top