skip to Main Content
OLIC

Kehidupan magang 6 bulan di Studio SA_e

Hai, saya Olivia Laimena mahasiswi Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta angkatan 2014. Saya magang di Studio SA_e pada semester 8 dimana saya memutuskan untuk mengundur waktu kelulusan saya. Hal tersebut cukup matang dipertimbangkan mengingat waktu menunda kelulusan yang menjadi pertimbangan orang tua. Akhirnya keputusan ditetapkan bahwa saya magang di Studio SA_e dalam jangka waktu 6 bulan terhitung dari akhir Januari – akhir Juli. Proses mendaftarkan diri untuk magang di Studio SA_e tidak begitu sulit, yang penting niat dan komitmen yang harus dipegang bahwa kamu bertanggung jawab atas apa yang kamu pilih selama magang.

Hari pertama masuk magang, saya memiliki partner Olvi dan Indira. Mereka semua sudah lulus namun memilih untuk magang. Hari pertama saya diajarkan coloring denah menggunakan psd. Banyak nanya ke Olvi karena kita duduknya di lantai  atas. Indira duduknya dibawah jadinya sulit untuk komunikasi. Suasananya hari pertama tegang gitu. Mengenal lingkungan dan menghafal nama-nama. Sangat menjaga sikap karena bingung mau kerjain apa dan takut salah.

Seminggu masuk magang, tiba hari ulang tahun saya. Setiap ada yang ulang tahun, kami rayakan bersama. Kebayangkan suasana kekeluargaannya. Hari itu bertepatan dengan hari pertama johnson dan anis masuk magang. Jadi anak magang sudah lengkap, totalnya 5 orang. Johnson dari universitas dan angkatan yang sama dengan saya, sedangkan anis dari unnes. Kami di briefing oleh principal kami yth Mas Ario Andito dan coordinator magang kami Mas Kanoasa Akbar.

 

 

Kami mengadakan magangersae quiz yang diadakan di rooftop pematang pada hari jumat. Seruu… Cara berarsitektur dengan penyampaian yang unik. Kami magangers saling berdiskusi untuk menyiapkan presentasi. Topik yang kami pilih adalah Metabolism Architecture. Banyak dari senior Architect yang membantu dan memberikan arahan pada kami. Banyak ilmu baru yang kami gali, juga mengasah kemampuan untuk presentasi.

Masih di hari jumat, studio kami memiliki acara movie screening Bersama Mba Pritagita Arianegara. Iya.. beliau seorang sutradara film Salawaku. Juga film terbarunya adalah Laut Bercerita. Kami nonton bareng di rooftop pematang.

Selain mengerjakan project, kami anak magang terlibat di non project. Non project pertama kami adalah open house Rumah Gerbong. Kami diminta menjadi panitia acara tersebut. Dipimpin oleh Mas Kano selaku coordinator non project Studio SA_e, kami berkerja sama sebagai tim untuk mewujudkan open house ini.

Kami banyak belajar hal baru mulai dari berorganisasi kembali sampai menghubungi sponsor. Berinteraksi dengan banyak orang baru dan mengenal dunia arsitektur yang luas. Terima kasih kepada kalian yang berpartisipasi dalam acara yang kami adakan sehingga dapat berlangsung dengan sangat baik. Respon positif dari pengunjung menyebar luas hingga saat ini rumah gerbong menjadi gemar untuk dikunjungi.

Dampak dari open house, pamor Studio SA_e terbuka lebar  hingga banyak media social yang bekerja sama untuk tapping di stasiun tv. MAKIN BANGGA! Hahaha

Akhir dari open house, kami adakan acara magangers alumni. Kita sharing yang tidak begitu banyak, yang penting guyub. Hahaha. Kami banyak bertukar pengalaman dari sesama magangers dari tahun 2009 hingga 2018. Seru banget bisa kenal kalian satu persatu.

Kegiatan diluar kantor..

Acara diluar kantor ya sekarang, kita ada ekskursi yaitu mengunjungi project studio sa_e supaya kita bisa belajar secara langsung di lapangan dengan project architectnya. Hari jumat lagi yang kami pilih untuk mengadakan ekskursi. Kalo saya suka menyebutnya TGIF karena hari jumat di studio SA_e selalu menyenangkan. Kami memilih project Panarub dan Andalan HQ untuk dikunjungi dalam 1 hari.

Sampai di Panarub, kami banyak diberi penjelasan oleh Project Architect mas Tomy Arief Purwanto. Beliau menjelaskan mulai dari hal teknis hingga konsep. Keren banget.. terpesona.. terpukau dah..

Dari panarub kami beranjak ke andalan HQ. Di andalan, kami diberi penjelasan oleh Project Architect mas subiakto a.k.a mas bamby. Banyak hal juga yang kami pelajari, sampe kita pun nyobain lift mobil, hahaha.. seru deh..

wajah-wajah Lelah yang tetap semangat. Terima kasih buat kesempatannya bisa mengunjungi project keren dan banyak pengetahuan yang kami dapat pada hari itu. One precious moment that I never forget.

Ekskursi lainnya ada lagi, kami mengunjungi L house. Ini projectnya mas Supar, juga tak kalah keren.

Masih dalam topik ekskursi, saya mendapat kesempatan ekslusif mengunjungi NRY house..

Kemudian kegiatan diluar kantor lainnya adalah indobuildtech 2018…

Kami mengikuti beberapa acara seminar oleh archinesia dan mendapat kesempatan bertemu orang-orang hebat.

Kegiatan di kantor..

Kegiatan di kantor, anak magang kerjanya serabutan, hahaha.. Kita diajarin dari render interior, render eksterior, touch up di photoshop, buat ppt untuk meeting, buat konsep, sampe drafting. Bahkan disediakan khusus presentasi untuk pembekalan anak magang seperti kampung CAD dan kalkulasi peraturan bangunan.

Ini first lesson di studio sa_e dan jadi favorite, coloring denah..

lesson selanjutnya masuk ke rendering eksterior..

Nah, rendering dan touch up ini banyak menyerap ilmu dari mas Pandu. Segala masalah vray dan photoshop, masalah teknis program, sampe online shop jago banget, hahaha. Thank you mas Pandu.. Partner duduk sebelah di kantor, paling suka aku gangguin tapi suka dibales gangguin juga, sampe aku suka dipanggil ‘kemrecek’ karena bawel.. tapi karena itu, banyak bertanya maka banyak belajar..

Kemudian masuk ke drafting cad..

Bagian ini adalah jagonya mas Bamby a.k.a mas subiakto. Pengalamannya jangan ditanya udah malang melintang. Mas Bem di kantor sebagai project manager dimana kalau pembagian project diatur sama beliau. Paling ga suka sama hal kotor dan ga suka makan ikan. Orangnya bersih banget, cewe kalah.

Kemudian selanjutnya geng banjar dengan ketua Mas supar. Mas supar kalau jelasin super jelas. Selalu di sketsa maunya gimana. Banyak diajarin tentang teknis bangunan dan material secara sudah jadi kontraktor yaa.. Sempet juga dijelasin interior walau diakhir-akhir tapi sangat menambah ilmu.

Tim drafting yang diketuai oleh mas Ryan. Ketawanya super khas. Ga ada yang bisa tiruin. Pikirannya suka kemana-mana. Sekarang udah jadi sarjana. Tapi belum resmi jadi arsitek. Sukses ya mas Ryan CAB IAI nya.

Kedua drafter yang masih muda belia yaitu kukun dan yoni. Terima kasih buat segala ilmu cad yang ga begitu banyak namun cukup berarti. Suka bantuin print juga, hehehe

 

 

Lanjut ke coordinator magang yang super friendly, mas Canoe. Lucu, supel, perhatian, menyenangkan. Kalo aku menghilang, beliau orang pertama yang cariin terus aku diomelin. Hahaha..

Suka penuh dengan ide, sangat pandai dengan lagu india, kalo joget asikkk banget bikin pengen goyang juga hahahaha..

Foto ala-ala film india gituu..

 

Next.. Kak Alvin, kakak tingkat angkatan 13 yang sekarang sudah jadi sae01. Suka susah mingkem katanya sih karena kebiasaan dulu pake bracket ya. Banyak pengalaman yang dishare sama beliau, sangat berharga dan berguna karena menyangkut perkuliahan. Suka nyebelin, suka impersonate. Dikurang-kurangin yaaa… tapi jokesnya lucu abis,bisa mencairkan suasana. Thank you kokoh!

 

Lanjut ke mas Tomy, sang senior architect. Kesan pertama segan, karena beliau terlalu cerdas ya makanya mungkin jadi pendiam. Padahal mah ga begitu. Merasa beruntung bisa kenal secara personal sama mas Tomy, sangat banyak ilmu dan pengalaman yang beliau berikan ke aku. Mungkin karena aku sering bertanya dan dia sering menjawab jadi yaudah nyaman aja. Padahal selisih 10 tahun tapi ga kerasa jauh. Jaga kesehatan ya, sering banget sakit. Thank you for everything mas Tomy, you’re the best!

 

Admin cantic mba Sari, makasih mba buat ketegangan di studio yang diciptakan setiap kali ada kata mba sari, hahaha. Padahal orangnya asik. Studio jadi lebih hidup. Jaga kesehatan mba, terima kasih buat ijin-ijinnya. Maaf suka merepotkan hehehe..

 

Selanjutnya magangers, Olvi, Indira, Anis, Johnson.

Olvi yang udah duluan selesainya, sukses buat rencana kamu kedepannya ya.. lanjut Pendidikan S2, bisnis hijab dan paper flowernya. All the best for you. See you on top.

Indira, magangers ber-SKA yang udah jadi sae01. Baik-baik ya disana. Dijagain sama Kak Alvin, kalian klop banget. Cocok, hahaha. Sukses menggapai cita dan cintanya..

Anis, magangers yang barusan farewell. Lebih ekspresif yang nis, suka gemas karena suka dipendam sendiri. Padahal kalo diajak cerita asik banget. Banyak info dan referalnya luas banget. Temannya dimana-mana. Gaul parah, hahaha.. see you nis

Johnson, ambisius tapi suka labil. Semuanya mau digapai. Jangan serakah john!

Terakhir buat keluarganya mas Ario, kinan dan mba Totty. Terima kasih buat segala yang telah kalian berikan buat saya. Dari penerimaan hingga selesaiinya magang ini. Kalian luar biasa, saya pribadi begitu terinspirasi. Mulai dari cara Mas Ario ‘treat’ staff studio, sampe bisnis mba Totty bener-bener diluar dugaan. Semoga kalian selalu diberkati dan diberikan kelancaran buat segalanya yang direncanakan.

 

Juga buat mba Yani, kangen banget sama masakannya. Kangen cicipin kalo lagi turun ke dapur, hehehe. Kangen juga suka cerita-cerita. Maaf ya kalo aku bawel, pokoknya yang terbaik aja buat mba Yani dan keluarga.

Buat mas Robi, makasih buat cemilan snack sore yang selalu jadi semangat di siang bolong. Kangen mie roby jugaaa, hahaha

Terakhir banget nih.. para magangersae 02, Darwin dan Nabila, semangat buat 6 bulannya, bakal banyak memories yang kalian ciptakan disana. Banyak nanya aja karena apa yang kalian butuhkan bakal beda-beda setiap individunya. Good luck!

 

Akhir kata oliv mau ngucapin mohon maaf apabila ada kata-kata dan perbuatan yang membuat kalian tidak nyaman maupun tersinggung. Terima kasih banyak buat kenangan terbaik selama 6 bulan di Studio SA_e. Sangat indah, ga bisa berkata banyak waktu farewell karena menahan air mata ini menetes. Sedih banget meninggalkan Studio SA_e pas lagi sayang-sayangnya. See you on top!

 

Salam kangen,

 

Olivia Laimena

Back To Top