skip to Main Content

oleh : Joffi Febriando & Gregorius Surya

………………artikel ini akan mengarah pada hipotesa awal untuk semakin belajar mengenal jatidiri desain arsitektur Parametr. Bagi Parametrian, artikel ini adalah langkah awal untuk semakin mengenal, menyamakan suara dan menyelaraskan hati dalam pencarian jatidiri arsitektur Parametr…..

Apa yang terbayang di benak Anda saat mendengar ataupun membaca frase ‘Spectacular Architecture‘? Bagi kebanyakan orang, yang membedakan desain arsitektur yang spektakuler dengan desain arsitektur yang medioker adalah tanggapan masyarakat awam. Kalau kita mau memperhatikan dengan seksama, desain yang spektakuler identik dengan “Gila! Keren!” atau “Buset! Hebat bener nih!” Berbanding terbalik dengan apa yang kita dengar saat orang melihat desain arsitektur yang medioker. Orang akan mencibir dengan kalimat “Desain apaan nih? Gue aja bisa kalo cuman bikin beginian!” Begitulah kiranya suara sumbang yang kita dengar saat orang diajak untuk menilai desain yang biasa-biasa saja.

Tetapi pertanyaannya sekarang adalah “Apa sebenarnya yang membuat desain arsitektur tersebut disebut spektakuler? Indikator obyektif apa yang bisa menentukan desain itu spektakuler?” Mari kita mencoba menjawabnya bersama-sama.

spectacular1

Desain spektakuler bagi orang awam adalah desain yang “dianggap” sebagai karya pikir dan kreasi yang memiliki “high skill“. Atau terkadang apabila desain tersebut terlihat “berbeda” dari yang lain, orang akan menganggapnya menarik. Saat desain tersebut dianggap “bertentangan” dengan bentuk atau pola yang diyakini oleh lingkungan masyarakat di sekitarnya, memiliki desain yang “complicated dan many interpretation“, orang pada umumnya akan seiya sekata berseru,”That’s spectacular architecture design!

spectacular2

Tetapi bagaimana saat desain arsitektur tersebut memiliki modul yang teratur? Modular Architecture yang seringkali dianggap “biasa saja”  sebenarnya menyimpan daya magis yang bisa menjadikannya spektakuler.

spectacular3

Modul yang ditata apik, didesain dengan hasil kreasi dan pola pikir yang kreatif bisa menjadikan modul-modul tersebut bisa menjadi karya yang spektakuler. Berbagai cara sederhana, seperti mirror, slip, atau rotate bisa menjadikan bentuk-bentuk yang modular menjadi penopang desain yang spektakuler dari sebuah karya arsitektur.

spectacular4

Bahkan seorang star architect Zaha Hadid yang lebih dikenal dengan karya-karyanya yang ‘tidak mungkin dibangun‘ karena desainnya yang plastis dan organik, juga berani menggunakan modul-modul dalam salah satu desainnya, yaitu Dorobanti Tower, Bucharest, Rumania. Hasilnya pun tak kalah “wow” dengan karya-karyanya yang lain.

spectacular5

Mountain Dwelings dan VM House karya Bjarke Ingels juga menggunakan prinsip modular.  Walaupun modular, tetapi, sekali lagi, jika didesain sedemikian rupa, maka akan menjadi desain yang spektakuler. Dalam karya-karya “best projects” juga diterapkan prinsip modular. Didesain dengan apik dan diatur secara menarik menghasilkan karya yang menarik dan tentunya SPEKTAKULER!

spectacular6

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana dengan Nusantara? Bagaimana dengan karya kreatif dari budaya Indonesia?

spectacular7

Karya modular, proses kreatif yang diulang-ulang, juga ditemukan pada salah satu kekayaan budaya Indonesia, batik. Batik yang dibuat dengan tangan merupakan modul yang juga dibuat atau ditata berulang-ulang. Filosofi dan pola pikir sosiologis yang mendasari pembuatan karya ini membuat batik menjadi karya yang spektakuler.

spectacular8

Pada hasil karya kreatif Nusantara, juga banyak sekali ditemukan bentuk-bentuk modular. Filosofi dan pola pikir sosiologis, dan adat istiadat yang melandasinya menjadikan karya itu spektakuler.

Parametr dalam usahanya menyumbangkan ide kreatifnya lewat karya-karyanya juga menerapkan konsep modular pada beberapa proyek yang dijalankan oleh perusahaan yang masih berusia muda ini.

spectacular8

Lalu pada akhirnya kita kembali pada pertanyaan yang penulis berikan di bagian awal artikel ini.

Apa sebenarnya yang membuat desain arsitektur tersebut disebut spektakuler? Indikator obyektif apa yang bisa menentukan desain itu spektakuler?

Dalam arsitektur atau hasil proses kreatif yang sering kita lihat di nusantara, hampir seluruhnya identik dengan konsep modular. Yang menjadikan semuanya begitu spektakuler adalah DNA yang menjiwai terciptanya karya tersebut. Bagaimana filosofi, konsep sosial kemasyarakatan dan adat budaya yang berkembang di masyarakat setempat diaplikasikan dalam karya arsitektur itulah, yang membuat karya arsitektur tersebut spektakuler. Kami menyebutnya SPECTACULAR MODULAR ARCHITECTURE!

………………artikel yang masih langkah awal dari pencarian jati diri arsitektur Parametr dan tentunya masih banyak yang harus dibaca, dipelajari dan ditelaah lagi untuk semakin mengenal dan mengetahuinya……. TO BE CONTINUED…..

 

Back To Top