skip to Main Content
1554821-e1501870353391

BAB I PENDAHULUAN

Berawal dari ke idealismean diri tuk menjadi arsitek nantinya sehingga saya harus memenuhi persyaratan lulus pada matakuliah KP di kampus tercinta, saya menyebarkan kabar buruk ke beberapa biro konsultan arsitek dengan mengirimkan cv dan portofolio saya yang berisikan “SAYA MAU MAGANG, TERIMA PLISS” yang dimana saya sebarkan di daerah tangerang, terutama wilayah bsd-bintaro karena dekat rumah dan enak untuk digauli. Setelah beberapa hari dari penyebaran kabar buruk tersebut, munculah balasan-balasan dari beberapa biro “asyique” yang tertantang untuk menerima saya salah satunya PARAMETER ASYIKTEKTUR, biro yang saya kenal dari para pendahulu saya yang sudah magang disana.

Dan ternyata setelah bercakap-cakap dengan kolega-kolega terdekat, munculah satu nama juga yang ternyata juga terciduk oleh PARAMETR, yaitu Alvin. Dan setelah itu kami mulai mempersiapkan diri untuk masuk ke parametr dengan menjapri kontak yang menghubungi kami tersebut sambil bertanya-tanya lebih lanjut tentang kantor pada mas Danang endors parametr di kampus. Pada awal cerita, sangat menyenangkan sekali mendengar ceritanya sampai pada pembahasan mengenai mbak sari salah satu orang yang menerima dan mengontak kami pada saat mengapply di parametr dan di bilang galak kami mulai agak deg-degan.

Dan pada suatu hari yang genting kami bertengkar karena ga ada yang mau menelpon mbak sari untuk menanyakan tentang surat-surat yang harus di urus. Dan saya akhirnya mengalah dan mulai menelpon, setelah saya mendengar suaranya ternyata tidak ada aura galak yang saya rasakan dan ternyata itu bukan mbak sari tapi mbak suci ( alhamdulilah). Setelah beberapa minggu kemudian di hari yang genting (episode 2) kami bertengkar kembali untuk menelpon mbak sari untuk izin memundurkan jadwal magang 10 hari dan akhirnya Alvin lah yang menelpon dan mbak sarilah yang mengangkat. Dari situ lavin bercerita panjang lebar tentang izin tersebut dan hanya ditutup dengan jawaban “ya” dari mbak sari. dalam hati kami berkata “waw”.

Dan pada 20 februari 2017, kami berdua pun meletakan jempol kaki tuk pertama kalinya di depan rumah mas robi yang dikira pintu masuk dari kantor tersebut dan akhirnya muter balik lagi ke pintu depan yang aslinya. Di depan kami pun disambut dengan mas Joffie salah satu dari principal asyique yang memberikan kesan sangar diawal pertemuan kami (disitu kami agak takut dan bilang “galak nih pin”). Lalu setelah memarkirkan motor didalam, masuklah vespa oren dengan tato “rute enam-enam” disampingnya dan ternyata itu adalah mas ario. Baliau pun juga begitu ( keliatan galak banget saat itu, berbeda dengan foto2 wajah cerianya yang ada di gugel) dan kami disuruh masuk dan langsung disambut dengan mas pandu yang katanya anak magang juga.

“halo saya rifky mas anak magang baru, iya guwe pandu anak magang juga”

 setelah itu kami diajak berbincang-bincang dengan mas kano berwajah india yang penuh wibawa saat mengumandangkan kurikulum magang. Dan setelah nanya-nanya anak magangnya siapa aja ternyata Cuma ada dua dan itu cewek (ternyata diboongin sama mas pandu -__-).

Gak lama setelah itu munculah nia anak magang juga dengan muka malu-malu menatap kita  masuk lalu kenalan sama kita-kita dan bercerita sedikit tentang kantor. Setelah prolog beberapa saat dari nia, keluarlah kerumunan mas-mas dan mbak-mbak lainnya yang ngarah keruang akar (dalem hati “mampus lu…mampus lu.. mau disidang”) dan kata nia ini namanya nongkrong pagi, ngebahas bareng projek-projek yang sedang dan akan berjalan. disitu saya dan Alvin kaya kambing congek yang gangerti apa-apa dan bingung harus ngapain. Dan munculah pingky anak magang juga yang ternyata ga lama lagi dalam waktu 5 hari dia expired dan lulus magang dari parametr.

Dan setelah itu mulai lah magang…

BAB 2 TINJAUAN NGAKAK – KERJA – MAKAN

Gak pelu lama-lama untuk ngakak di kantor tersebut, diawal masuk dan mulai kerja (maaf sebelumnya) saya langsung ngakak ngaliat wajah-wajah para mas-mas arsitek disana terutama mas supar dan mas riyan yang mukanya lucu hahaha. Terus datenglah juga mas Tomy yang saya kira tadinya itu mas Danang tapi kok gemukan.

Di awal-awal pun mulai juga mendengar pembahasan-pembahasan yang bikin ngakak dari mas-masnya disana walaupun terkadang ga ngerti juga sama yang dibahas sih tapi sereceh-recehnya jokes yang dibahas pasti bikin ngakak hahaha. Ga lama setelah mulai bekerja di stel lah radio prambors dengan hits masa kini yang selalu diulang disetiap harinya, dan mulailah kekonyolan mas kano keluar di saat musik-musik dimainkan. Ada aja celetukannya yang ngerusak musik dan bikin ngakak sekantor.

Di pertengahan jam kerja sering juga terdengar suara astral yang bikin ngakak, mas bembi lah sumber suara tersebut. Dari sendawa “GGGHHAAAAEEEEEEKKKKK ….“  sambil nempel di tembok kayak tokek dan bersin dengan ringtone kocaknya. Selain itu beliau juga mandor dari anak-anak magang dan bapak warnet di kantor .

Selain  diteror oleh mas bembi kita juga diteror oleh mbak sari dari depan. Diawal mbak sari sangaaaaaaat baik sekali dan berbeda jauh dari isu-isu publik yang beredar. Setelah beberapa minggu berlalu dan kita mulai asik dengan aplikasi spotify yang suaranya terpancar sampai ke ruang principal, saya dan alvin pun mencoba2 tuk nyetel musik keras dan akhirnya mulailah keluar aslinya mbak sari. Bude-bude galak coooy -___-  (tapi makin kenal kamu makin asik kok mbak :3)

Kerja disini pun juga nyenengin selain guyonnya di sela2 kerjaan kita juga selalu dicekokin makanan dari pagi ampe malem. Belum juga kalo ada yang ulang tahun atau pas mas robi bikin mie goring kecenya. sebulan pertama di parametr berat udah naik 4kg, dari 78-82.

BAB 3 JALAN-JALAN GEMASH

Kerja kantoran emang ngebosenin, oleh karena itu magangers disini di hibur dengan berkegiatan diluar juga. Dimulai dari installasi Swarna Kekayon, booth warta jazz di acara java jazz 2017.

DSCF1144.JPG

DSCF0993.JPG

 

Lalu ke proyek-proyek kece parametr

3-copy.jpgDSCF1332.JPG

 

Installasi Casa 2017

155541.jpg155523.jpg

Hingga naik gunung

155507.jpg155512.jpg

BAB 4 PRINCIPAL

Mas Harun

Momen-momen kerja bersama mas harun itu pada saat pertama kali masuk dan beberapa hari kemudian kita langsung diajak membantu parametrian dalam sayembara undip.( Ga teralu bantu mikir sih). Dan di minggu pertama di hari jumat pas lagi ngerjain itu dan lagi sendirian juga untuk pertama kalinya sayapun digangguin di kantor oleh penduduk tak kasat mata di kantor tersebut -___-

Kerjaan kedua dari mas harun adalah maket rumah bintaro yang jadi viral dan mendapatkan gelar terpuji sehingga maket kami berdua terpajang di ruang principal dan mengalahkan maket-maket mas ibnu yang terpajgang diluar hehehe. Maket yang tidak jadi dibawa ke klien karena mas harun malu buat di bawa itu pun akhirnya dibuat duplikasinya oleh mas ibnu agar beliau dan klien senang. (maaf mas ibnu hehehe )

122.jpg155591.jpghehehehe

Mas Joffie

Principal yang berfokus pada acara pariwisata karyawan dan anak magangnnya. Terimakasih atas cerita-cerita dan refreshingnya yang diberikan di dalam maupun luar kantor mas. Tapi gua belom pernah kedapetan proyek dari lu nih mas. kapan2 yaaa hehe

155516.jpg

Mas Ario

Banyak momen seru bersama mas ario baik didalam maupun luar kantor. Momen yang selalu bikin seru setiap dikantor itu adalah ketika lagi dapet job dari mas ario, seru, tegang, campur aduk. Hal-hal yang selalu bikin deg-dehgan adalah ketika kerjaan belum kelar terus mas ario dateng dengan suara sendalnya.

“ketepak.. ketepok… ketepak.. ketepok… piye ??? delok”

Die. (becanda)

Terimakasih banyak pastinya kepada mas Ario yang selalu percaya kepada saya(gatau terpaksa apa gimana sih) dengan diajak mengerjakan dan memecahkan proyek bersama-sama. Maaf semisal banyak mengecewakannya. Terimakasih atas pelajaran dan nasihat-nasihatnya mas. 155485.jpg

BAB 5 PARAMETRIANS

Mas Kano, Candaan kecemu selalu menyenangkan hari-hariku mas, terimakasih selalu membawa keceriaan disetiap harinya.

IMG_4477.JPG

Mas Tomy, Kritis dan care pada anak magang, elo banget mas terimakasih secara ga langsung gua jadi belajar buat kritis baik dalam mendesain maupun pada suatu hal mas, terimakasih juga selalu ngehibur di selang waktu kerjanya.

155497.jpg

Mas Pandu, Terimakasih untuk shortcut2nya dalam nyelesain masalah digital dan berpikir dalam nyelesain suatu permasalahan desain dengan konsep-konsep kecenya.

Mas Bamby, paling terlihat galak di awal tapi sebenernya paling menyenangkan dengan suara-suara astralnya hahaha.

Mas Supar, Paling baeeek, makasih banyak buat hal-hal lucunya, selamat menempuh kehidupan barunya juga bersama istri, cepat punya anak

Mas Riyan,  cepat lulus kuliahnya, ntar PPARS bareng mas kita haha. thanks ilmu cadnya

Mas Gyrass, Thanks akan wawasan yang membangunnya brooh, ga ada lu swarna kekayon ga keren men

Mas Andri,  SKP dengan pohon-pohon 3Dnya bikin berat mas hahaha

Mas Ibnu,  ga ada lu ga taudah maket rumah bintaro mas hahaha, ga ada lu juga ga tau juga dah mobil gua mogok sampe kapan. makasih banyak buat jurus-jurus maketnya.

Mbak Sari, maaf bikin kesel terus mbak hahaha tapi mbak sari jauh berbeda kok dari kata nyeremin hahaha

Mbak Suci, Makasih disetiap amplop2 yang di berikannya mbak  :3 salam sayang ke zafran :*

Mas Ali, Touch Upnya keren masssss 🙁 terimakasih telah menginspirasi

Dias, Sayang dah ilang duluan 🙁 sukses terus diaassss 🙁 Uh-Oh

 

Pinky,  Teman magang 5 hari, curang lulus duluan 🙁

Yoni,  Semoga nyaman di kantor barunya yonnn

Alvin, Cepet lulus kitaaaa, moga lancar TGAnya, wisuda bareng, sorry jengkelin,  makasih kamar kosnya, terimakasih kerjasamanyaaaaaa, sampe ketemu dijogja, sayang kamuuuh1

Nia,  Kangen modusin eluuu 🙁 lulus duluan siiiih,  sukses dengan mas booooy

155592.jpg

Mita, Teman tapi supir, makasih buat gua mengenal pamulang jauh lebih baik. makasih  bantuan distiap kerjaan yang bikin gua mumet, dan makasih sharing cerita-cerita bodohnya di kantor dan diluar kantor

WhatsApp Image 2017-08-05 at 01.04.50.jpeg

Ade,  gatau de mau ngomong apa, lu ngeselin de hahahah, makasih udah bisa di bully, dan makasih buat gua ngelembur ngerjain blog ini. semoga lancar dengan bosmu de hahaha jangan stress, sebat dulu.155504.jpg

Di akhir kata terimakasih banyak  atask kebersamaannya susah maupun senang. terimakasih atas nasihat dan ilmu-ilmu yang bermandfaatnya, sayang kalian PARAMETR.

155542.jpg

DUO KAMPRET-

Back To Top