skip to Main Content

1378286161941

D-day

Hari ini adalah hari terakhir saya menjalani kerja praktek di parameter. Yup sebagaimana anak magang di parameter lainnya saya berkewajiban untuk mengisi blog dan menceritakan pengalaman saya selama kerja praktek (magang) selama 3 bulan di biro ini banyak pengalaman pahit dan manis yang menarik untuk diceritakan.

Berawal dari keinginan magang dibiro kecil nan bersahaja, dengan harapan saya akan melihat secara keseluruhan sistem kerja dari sebuah biro aritektur sembari mendalami pengetahuan saya tentang desain dalam dunia arsitektur. Saya mencari berbagai alternatif biro yang sesuai. Beruntung pada saat itu Parametr membuka internship program yang kemudian bergabunglah saya bersama parameter tetapi cukup mengejutkan ternyata rekan siswa Amanda turut bergabung bersama saya.

Hari pertama di Parametr diwarnai dengan ejekan dari para tuntunan dan pembimbing saya di kantor karena saya diaanggap telat padahal saya datang jam 4 loooh  (maaf yaa semuanya  saya harus menghadap dosen terlebih dahulu) akan tetapi suasana segera menjadi cair mas Ario melanjutkan dengan pertanyaan “looh kenapa kamu telat? kamu tinggalnya dimana?“ karena pertanyaan tinggal dimana dalam mind set merupakan pertanyaan daerah asal secara spontan saya sebut dengan bangga  “saya dari Madura mas”.

Pada hari pertama mas Ario banyak menjelaskan maksud dan latar belakang beliau memberikan kesempatan mahasiswa untuk melakukan internship di parametr dan diakhiri dengan penjelasan proyek apa saja yang akan kami kerjakan dibawah bimbingan Prinsipal dan  junior arsitek Anita Halim. Kesan pertama saat masuk ke dalam biro ini saya merasa parameter sangat menyambut kami baik dari segi pembagian tugas yang telah direncanakan sebelumnya  dan keramahan dari karyawan kantor Parametr itu sendiri.

Seiring berjalannya waktu saya berkenalan dengan semua karyawan Parametr architecture termasuk dua principal lainnya yaitu mas Harun dan mas Joffie. keadaan menjadi lebih menarik saat terdapat dua anak magang baru yang bergabung dia bernama amalia, dia adalah mahasiswa undip satu tingkat dibawah saya yang terkenal karena keluguan dan kekacauannya dan gyrass mahasiswa uns yang berada pada tingkat yang sama dengan saya dia juga terkenal akan keseriusannya dalam melaksanakan magang ini.

20130702_110858

Kejutan Dihari Ulang Tahun Mas Harun Oleh Rekan Kantor

Our Project

Selama magang  di parameter, kami anak magang melaksanakan dua proyek utama yaitu sekolah krukut dan proyek rusunawa jatinegara dan beberapa proyek sampingan lainnya. Selama proses perancangan ini kami banyak belajar baik dibidang hard skill maupun soft skill dalam hard skill saya menjadi cukup menguasai software di bidang arsitektur dan peningkatan sense of design.

20130605_094236

Mengunjungi Lahan Proyek Sekolah Di Krukut

Proyek pertama adalah rusunawa jatinegara saya membantu mengkaji rusunawa di dalam dan luar negeri kemudian berlanjut dalam membuat gambar lay out perunit sebelum akhirnya saya harus kembali ke bandung untuk menyelesaikan laporan tugas akhir yang perlu diperbaiki beberapa kali. Dalam perancanagn ini parametr bekerjasama dengan beberapa arsitek Indonesia yang bekerja di dp architect Singapore.

Sekolah krukut merupakan program csr dari parametr dimana di dalamnya juga termasuk mendesain town house dan masjid. Proyek ini sangat menarik karena kami diberikan kebebasan dalam mengeluarkan ide konsep dan detail dalam sekolah ini. Pada perancangan sekolah ini berbagai pendekatan perancangan dilakukan baik melalui software arsitektur maupun menggunakan media maket. Dengan bimbingan langsung dari mas Ario akhirnya sekolah ini menemukan bentuk idealnya.

20130719_145504

Membuat Maket Sekolah Krukut

Selain dua proyek utama tersebut kami juga mengerjakan beberapa proyek tambahan seperti membantu membuat gambar presentasi, 3d menggunakan sketch up, mencari preseden bahkan membuat model cetakan kerawang. Saya juga pernah mengikuti seminar Jakarta Vertical Kampung bersama teman-teman dari Parametr.

20130730_190552

Maket Sekolah Krukut

20130730_190616

Maket Sekolah Mata Burung

20130616_162026

Acara Open House Dan Talk Show Di Kantor Parametr

20130707_181553

Seminar Jakarta Vertical Kampung

Pathway

Setelah menjalani proses magang selama tiga bulan ini membuat saya berpikir kembali tentang apa yang sudah saya lalui dan akan kemana hidup saya akan berakhir. Jika hidup adalah perjalan sering kita rasakan jalan yang kita lalui bukanlah jalan yang kita inginkan di awal saat kita melangkah, apakah benar pengalaman ini akan menjadi pelajaran bagi kita di masa yang akan datang tapi diluar kesadaran kita sebenarnya setiap pilihan yang dulu kita buatlah yang menggiring kita pada masa ini.

“We choose our joys and sorrows long before we experience them”  Khalil Gibran

oleh: Aufar Fakhrul Arifin

Back To Top