skip to Main Content
gambar-4invert

Oleh: Hapsoro Pandu, Supar, Ismawanto

-A field of attention, the table is also an arena, a place for games and drama. It articulates the sense of togetherness or maybe the lack of it. Like-mindedness, discord, misunderstanding, agreement wash across the table and it is here that the rules of the relationship between and understanding among people are established and where things are discussed, negotiated or sold…-

Berangkat dari isu meja makan indoor kami satu-satunya sering dipakai meeting hingga jam makan siang, sehingga kami sering makan siang di meja kerja. Briefnya sebagai berikut; membuat meja outdoor yang fleksibel, movable, durable, dan cheap (yang ini off the record). Meja ini juga harus bisa digunakan untuk makan, diskusi, mereview gambar, dan display maket.

gambar 4INVERT

gambar 1 copy

gambar 3 INVERT

gambar 2 INVERT

gambar 5INVERT

(sketches)

tipikal seorang amatir, desain awal kami terjebak di antara realita, brief, faktor teknis, utopia, dan klise

meja pandu1 BW

Meja saya dari kiri-kanan;

– lazy table; meja yang didesain dengan malas. Kotak-kotak, kalau satu jadi kursi, ditumpuk jadi meja, ditumpuk-tumpuk lagi jadi rak tempat buku atau helm. Klise

– armadilo table. Genius! Yang pertama terlintas di kepala. Rencana dari mild steel, bisa memanjang kalau ditarik. Sisi negatifnya permukaan tidak bisa rata, struktur dan konstruksinya ribet. Kata Jeremy Clarkson; Ambitious but rubbish.

– spiral table, menjiplak dari etalase pameran iai tahun berapa lupa ya gitu.

meja supar

Kata Supar meja ini eranjak dari modul 60×60, maka modul ini menjadi patokan untuk bergerak ke modul berikutnya. Sistem kerja dari meja ini seperti layaknya meja pada umumnya, disangga oleh empat buah kaki dari besi hollow. meja2 ini bisa disusun ketika dalam keadaan tidak digunakan, sistem penumpukan di dasarkan pada modul terkecil (60×60), dan dibagian atasnya 60×70,60×80,60×90, dst. Setiap modul dari meja ini diberi material yang berbeda (lapisan finishing bagian atasnya), sehingga ketika disusun akan membentuk pola tertentu yang memperkaya arsitektur meja tersebut.

-…A table is a socially veiled means af getting into conversation, in some situations with more impact than with standing encounters; a mechanism whose effect is either wordlessly intentional or innocently unintentional.- Herman Hertzberger: Space and The Architect, Lesson in Archotecture 2

diskusi berikutnya mengerucut dalam bimbingan prinsipal; mudah dalam struktur dan konstruksi dan semua fungsi tercapai.

foto gabung

(diskusi dan presentasi)

meja pandu BW

Meja saya (lagi) ini inspirasinya dari sepeda lipat baru (dan mahal) prinsipal yang bisa dibuka sekali gerakan. Kalau kata pendekar kung-fu; tidak ada gerakan yang sia-sia. Dalam kondisi terlipat meja ini sangat ringkas seperti mobil habis tes Euro Ncap; ringsek. Namun dengan sekali gerakan menarik bagian tengah alas meja langsung terbuka. Sendi-sendinya terkunci. Superrr. Ada 2 jenis meja sehingga dalam kondisi komunal seperti tetris?

meja is

Konsep meja Mas Ismawanto meja ini 1 or 2 or 4 in 1? Maksudnya meja ini bisa dipakai sendiri atau ramai-ramai. Dengan melipat kakinya sekali maka jadi meja untuk 1 atau 2 orang. Teman anda tiba-tiba ngerecokin? Tidak masalah tinggal buka alas mejanya dan buka juga kakinya maka meja memanjang cukup untuk 4 orang. Devil’s work.

Bersambung…

 

Back To Top