skip to Main Content

oleh: Zulfikri

“Arsitektur itu menjadi bagian dari jalan hidup semua orang”

– Novriansyah Yakub –

poster copy

Jumat, 28 Februari 2014, Parametr Architecture mengundang Novriansyah Yakub dari Atelier Riri Architecture and Design Firm. Pada kesempatan ini Riri panggilan akrabnya berkesempatan untuk berbagi cara pandang dalam karya arsitekturnya yang mayoritas berupa small house.

01-copy11

Di awal diskusi yang berlangsung secara interaktif ini Riri mengawali diskusi dengan bercerita mengenai perjalanan karirnya yang berasal dari majalah yang bergerak dalam bidang arsitektur. Riri bertugas sebagai kolumnis yang memberikan solusi dalam rubrik desain.

Dengan latar belakang tersebut Riri belajar banyak hal dari wawancara dan pertemuan dengan masyarakat secara langsung. Hal itu pula yang memberikan pandangan Riri dalam berarsitektur.

01-copy15

Dalam mendesain sebuah small house terdapat beberapa variabel yang menjadi patokannya, yaitu:

small budget, minimum insight, conservative mindset, too much expectation, too much desire, cooperative with needs, fast response, fast growth and build, limit is an opportunity, dan playful.

01-copy11 copy

“Arsitektur itu menarik.”

– Novriansyah Yakub –  

Hal yang bisa dapat ditangkap dari forum diskusi ini, di setiap proyek yang dipaparkan, Riri sangat menikmati proses yang terjadi di dalamnya. Terlibat dalam banyak proyek berupa small house memberikan pelajaran baru bagi Riri dalam memecahkan permasalahan secara cepat dan tepat.

01-copy12

“Keterbatasan adalah sebuah peluang dalam hal mendesain.”

– Novriansyah Yakub –

Dalam konteks small house, Riri seperti bermain. Segala keterbatasan dan kekurangan tidak selalu menjadi sebuah hambatan. Bahkan hambatan tersebut bisa menjadi sebuah peluang munculnya solusi desain yang baru dalam karya desainnya. Besarnya rasa optimis dalam diri Novriansyah Yakub ketika menghadapi masalah juga dapat dijadikan teladan bagi parametrian untuk kedepannya.

Back To Top