skip to Main Content

Oleh Dwi Indah Mentari

4

Sumber : https://www.instagram.com/muh_darman/

Setelah sukses pada sesi 1, diawal tahun 2016 ini Parametalk memasuki sesi 2. Parametalk 2.1 berlangsung pada tanggal 15 Januari 2016 pukul 16.00 WIB dengan mengundang seorang penulis lepas khusus desain dan arsitektur bernama Muh. Darman dengan tema Back Home Project.

Pada kesempatan ini Muh. Darman berbagi cerita tentang keputusannya untuk kembali ke kampung halamannya yaitu Kendari. Darman memutuskan pulang ke Kendari pada tahun 2014.

085ba833-79c2-4308-b155-c1ee6b11ddca

Untuk Pulang Ke Kampung Halaman Bukan Keputusan Konyol Dan Harus Memilki Strategi Untuk Survive.” Muh. Darman

Untuk pulang ke kampung halaman bukan keputusan konyol dan harus memiliki strategi untuk survive, kalimat pertama yang terlontar dari seorang penulis lepas khusus desain dan arsitektur Muh Darman untuk menjawab bagaimana keputusan untuk kembali ke kampung halaman diambil. Keputusannya kembali ke kampung halaman juga didasari atas inspirasi yang didapat dari Bapak Singgih seorang penggagas Internasional Conference on Village Revitalizayion (ICVR) yang berani untuk kembali ke desanya dengan tujuan memajukan kehidupan desa dengan menggunakan material setempat.

Mengangkat sisi Edukasi

ba14d4f9-b9c3-422d-ad1a-c721f0f0bbff

Darman mengatakan bahwa adanya perbedaan di Jawa dan Kendari dalam segi edukasi, baik dari tenaga mengajar, kualitas, hingga fasilitas penunjang kegiatan edukasi.

Di jawa, banyak pilihan fasilitas untuk menunjang kegiatan edukasi, seperti perpustakaan, community room, dan event – event. Sedangkan di Kendari tidak ada hal – hal tersebut.

Dari kenyataan tersebut Darman membuat wadah yang dapat menunjang kegiatan edukasi mahasiswa Kendari yaitu daDe dan Ruang17.

8. Muh Darman_Presentasi

Sumber : Presentasi Muh. Darman

daDe mencakupi workshop untuk mempelajari material daerah setempat dan membuat anyaman, small store dan reading room.

Untitled-1

Sumber : Presentasi Muh. Darman

Ruang17 mengendalikan media. Ruang17 ada sejak 2010 dalam bentuk blog. Kegiatan di Ruang17 adalah kelas dokumentasi arsitektur dan bulletin arsitek sebagai sarana berbagi informasi. Untuk mendapatkan hal tersebut harus mendatangi small store daDe. Sehingga daDe dan Ruang17 saling terikat.

edf70850-5f31-4e22-8e9f-7ea1b25828a8

Darman juga mengatakan bahwa salah satu cara untuk survive adalah dengan bisnis, sehingga daDe juga memiliki segi bisnis seperti minuman dan makanan.

Planning 2016

Planning di tahun 2016 ini, Darman ingin mengembangkan guest room yang dimilikinya sebagai penginapan bagi arsitek ataupun desainer yang akan datang ke Kendari untuk workshop dan lain – lain. Lalu membuat website yang berisi konten yang digunakan orang – orang yang memutuskan kembali ke kampung halamannya berbagi cerita.

08fe4972-bb5f-43e3-b75c-5e95a6bd88ff

Dalam sesi diskusi ada pertanyaan yang dilontarkan, bagaimana membunuh ego seseorang yang sudah terbuai oleh kenikmatan tinggal di kota besar seperti Jakarta, sedangkan di kampung halaman masih banyak membutuhkan orang – orang yang berkompeten?

Jawaban dari Darman adalah segala sesuatu harus didasari dari kemauan diri sendiri. Jika melakukan sesuatu sesuai passion yang kita miliki, sangat mudah untuk dijalani.

Jika Melakukan Sesuatu Sesuai Dengan Passion Yang Kita Miliki, Sangat Mudah Untuk Dijalani.” Muh. Darman

Kalimat dari jawaban yang dilontarkan Darman dapat dijadikan kesimpulan, bahwa keputusan apapun yang diambil akan mudah untuk dijalani jika sesuai dengan passion yang kita miliki.

Back To Top