skip to Main Content
WhatsApp Image 2019-08-16 at 12.40.48 (4)

WARNING !!!!!!

Ketika menulis ini, percayalah saya dalam keadaan sadar, burgar tanpa ada pengaruh obat – obatan dan tekanan dari berbagai pihak.  Berikut  kesaksian saya selama 6 bulan berada di Studio Sae.

18 Febuari 2019

Jam 08.30 WIB saya sudah berada di Studio Sae bersama  teman seperjuangan saya  Wiliam yang hari ini baru saja memulai masa orientasi. Pagi itu kami disambut dan dikenalkan beberapa peraturan selama magang, ya peraturannya nggak berat kok, cukup bisa dijalankan dengan baik. Minggu pertama  adalah masa orientasi , saya belajar pengenalan standar gambar kerja kantor dan  mengenal Wong Sae yang ternyata semuanya menyenangkan, kecuali… ( nggak ada) hahahaha.

Setiap Senin pagi, diusahakan berangkat lebih  bukan karna upacara bendera, melainkan PM (Project Meeting)  kantor dimana semua Wong Sae berkumpul membicarakan rahasia dapur, hahaha. Setelah Project Meeting saya bersama anak magang lainnya berkumpul di Ruang Hampa dipandu Mas Alvin dan Mba Indi yang senantiasa selalu mengingatkan tugas – tugas kami, memberi semangat dan masukan yang membangun ( bukan ghibah) hahaha.

Setelah PM biasanya saya akan membantu beberapa perkerjaan project, seperti membuat gambar kerja, render merender, hitung menghitung, mencari referal, menyusun presentasi, bermain bentuk, terjun ke lapangan, ikut meeting dengan klien, pokoknya paket komplit deh. Biasanya untuk meregangkan suasana saat berkerja akan diselipi guyona – guyonan, dan lantunan musik.


Selain Project saya juga berkesempatan berpartisipasi dalam beberapa sayambara, yang salah satunya Sayembara KLAF Hunian di Mars, dimana saya dan Wiliam selama penggarapan sayambara berada di  ruang hampa. Ruang ini emang salah satu spot terbaik di Studio Sae  bukan karena instagramable, tapi kalian bisa jadi lebih akrab bareng anak magang lainnya, belajar bareng, bisa rebahan bentar, hahaha.

Pernah denger Quiz Magangers, salah satu kegitan yang hukumnya wajib buat anak magang untuk saling berdiskusi arsitektur bersama Wong Sae dan publik. Biasanya nih ada pembagaian bikin poster, jadi MC dan pembagian karya. Tenang nggak berat kok malah asik bisa jadi tambah pinter kan.


Waktu yang paling ditunggu – tunggu makan bersama dimana kalian bisa merasakan nikmatnya masakan Mba Yani, chef di Rumah Gerbong sambil ngobrol –  ngobrol bareng anak kantor. Saya dan Wiliam  yang bukan pemakan segalanya juga mendapat makanan yang enak dan terpenuhi. Jadi nggak perlu khawatir kalo bakal kelaperan. Selain itu ada keseruan lainnya yang gak kalah menyenangkan, dimana kita bisa nonton film bareng Wong Sae, ikut seminar, bikin yang manis – manis di Kopi Balkon dan banyak lagi yang akan kalian rasakan.

Udah deh ya, kali ini saya akan jujur dan buka semuanya disini. Sejujurnya hal ini saya sudah pendam sejak lama, dan mungkin ini saat ya tepat.

Sejujurnya saya mau berterimakasih untuk Mas Ario  yang telah memberikan kesempatan untuk berproses, belajar hidup dan berarsitektur di Studio Sae.

Terimakasih untuk Mas Bamby yang selalu ceria dan ramah dalam mengajarkan banyak hal arsitektur.

Terimakasih untuk Mba Sari yang udah mengajarkan disiplin waktu dan selalu bisa membuat saya  tersenyum di setiap tanggal 25. Anak magang pastinya ngerti nih, hahaha.

Terimakasih untuk Mas Tomy  dan Mas Pandu yang selalu menyemangati dan memberi pandangan lain dalam beraksiktektur.

Terimakasih untuk Mas Alvin dan Mba Indi yang udah sabar banget ngajarin banyak hal, sabar ngadepin kelakuan anak magang.

Terimakasih untuk Mas Adryan yang udah sabar mengajarkan grafis dan layout.

Terimakasih untuk Mas Supar yang udah mengajarkan banyak hal teknis dan nilai kehidupan.

Terimkasih untuk Mas Rian, Santoso, Yoni dan Kukun yang telah sabar mengajarkan hal teknis, gambar kerja dan standar gambar kantor.

Terimakasih untuk Mas Roby yang selalu menyediakan kebutuhan selama berada di kantor.

Dan terimakasih untuk teman seperjuangan magang yang telah  mengisi 6 bulan ini. Wiliam teman satu kampus yang gesit banget, Reinhard yang tampan rupawan dan para pendatang baru Ghina neng geulis , Dika jiwa pemimpin, hahaha  dan  Lutfi berenergi positif hahaha semangat terus magangnya.

Akhir kata terimakasi sudah menyediakan waktu untuk membaca blog ini.

Maria Ayu Resti Puspita Jati

(Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Back To Top