skip to Main Content
1

Yoi! seperti judulnya, magang di studio SA_e selama 6 bulan bikin berat badan gue terus naik karena
siklus hidup duduk depan komputer – ngobrol – ngemil – ketawa –ngemil – makan – ngobrol lagi –
makan lagi hahaha… (gaada hubungannya sama judul sih)

PENDAHULUAN

Digempur dengan ilmu arsitektur setiap hari selama 6 bulan dari pagi sampai malam membuat otak gue seperti melambat (atau mungkin baru bekerja?). Mulai dari minggu pertama, yaitu masa orientasi dimana gue diplonco, harus bawa balon warna-warni, pake topi dari bola plastik, sampai jalan jongkok keliling sektor 4, …… EEE TAPI BOONG hehehe.

Jadi, masa orientasi di Studio SA_e gue ditemani oleh Zaky, saudara seiman saya yang waktu itu juga baru mulai magang seminggu sebelumnya. Diajak keliling Rumah Gerbong dan dikenalin dengan Leon, bunglon introvert di Rumah Gerbong. Kemudian dikasitau sama Zaky tentang aturan main di sini, salah satunya

Pintu gerbang yang harus selalu tertutup

Ini dimaksudkan agar kucing-kucing komplek tidak masuk ke dalam rumah yang bisa menyebabkan Mba Sari GEGER!!1!!1!. FYI Mba Sari ini adalah menteri administrasi dan keuangan di Rumah Gerbong. Suka warna pink dan suka membagi2kan rezeki (re: gaji), tapi gasuka kucing.

Jadi pintunya ditutup seperti ini, BTW itu jari susah banget ya buat buka grendel pintu dibalik jaring-jaringnya

Nah itu kucing oren nya

Masa orientasi masih berlanjut nih, gue mulai nyentuh komputer perlahan-lahan… tekan tombol power…. ga ketemu-ketemu…. Akhirnya dipencetin sama Mba Indi. Ya, mba Indi ini satu-satunya arsitek perempuan di kantor ini yang sabar banget ngajarin gue cara ngewarnain denah yang sesuai sama standar Studio SA_e.

Selesai coloring denah, keesokan harinya giliran Mas Pandu, yang menurut gue, “the tech guru” nya Studio SA_e yang ngajarin nge-render yang bener pake V-ray dan touchup di Photoshop. Bener-bener banyak ilmu baru ini!!1!!….

( Nah, ini hasil orientasi pertama, B aja sih yaa… namanya juga masih minggu pertama )

MAKANAN SEHARI-HARI

Seminggu masa orientasi sudah selesai dan mulai masuk bantuin project, mulai dari render-render dan touchup-touchup manja, lalu mulai diajarin nyusun format presentasi untuk dipresentasikan ke klien, kemudian sampai menganalisis dan mengkonsep mulai dari sirkulasi, kebutuhan ruang, massing bangunan, fasad, hingga regulasi yang berkaitan dengan KLB, KDB dan lain sebagainya.
Ini semua membuat gue merasakan ORGASME ARSITEKTUR !!!11!!11!1!.

Masterplan Cirebon, ini salah satu project yang paling berkesan karena gue ngikutin project ini from scratch, tentunya dengan bantuan Mas Bamby yang selalu ceria tapi kalau udah ngamookk semuanya kena amookan tapi abis itu ceria lagi, dan juga masukan dan bimbingan langsung dari sang Principal, Mas Ario yang suka bikin panik kalo ngeliatin kerjaan tapi selalu beliin makanan enak kalau lagi lembur.

Mulai dari kotak kotak warna-warni gini

Sampai eksplorasi fasad bangunannya kaya gini

Selain project di atas, juga banyak project lain yang gue kerjain dan betul-betul ngelibatin anak magang.
Jadi buat klean yang mau magang di sini gausah TAKUT GABUT, takut lembur aja yaa hehehe…

 

GA CUMA PROJECT

Bosen juga sih kalo kelamaan ngerjain project itu-itu aja berhari-hari. Nah di sini anak magang juga bisa ngerjain Sayembara!!!.. Yoi, sayembara… sertifikat… portfolio…. Elah, apalagi sih yang dikejar mahasiswa magang kalo bukan ILMU dan PORTO hahaha…

Jadi sayembara pertama di studio SA_e yang gue kerjain adalah sayembara IAI Masterplan Pusat Pemerintahan Kota Sukabumi. Gue suka banget nih ngerjain sayembara ini karena juga ngikutin dari awal bareng Zaky dan Mas Tomi. Fase mengerjakan sayembara ini bener-bener asik, karena kita ditaro di ruangan sendiri, namanya Ruang Hampa. Di ruangan ini bisa bebas ngerjain sambil denger-denger musik, nonton Youtube, tidur siang, tidur sore, tidur malem, tidur pagi, tidur lagi, tidur terus ……

EEEE TAPI BOONG.

Karena deadline sayembara yang pendek jadi kita NGERJAINN TEROOSS sampai nginap 3 malam di Rumah Gerbong tercinta ini, tapi tetep becanda juga karena ada Mas Tomi yang kerjaannya becanda mulu. Tapi gara-gara mas Tomi ini wawasan gue tentang arsitektur dan “arsitektur lainnya” bener-bener upgrade, pokoknya bener-bener ga pelit deh buat bagiin ilmu dan pengalamannya yang komplit atas bawah kanan kiri luar dalem.

Ini kondisi ruang hampa tempat ngerjain sayembara, banyak tempel-tempelan biar keliatan mikir keras

nah ini sedikit hasil sayembaranya

 

Dan sampai akhirnya tiba hari pengumpulan

Wih mantep gak tuh? Mantep lah! iya aja udah. Tapi sayang, belum bisa masuk 5 besar awaokaokoakak.
Menang kalah urusan belakangan, yang penting proses berpikirnya bertambah ya gak?

Selain sayembara tadi, gue juga bantuin ngerjain sayembara Taman Margasatwa Ragunan, tapi gausah diceritain soalnya panjang wkwkwk

Ini foto waktu ngumpulin hasilnya aja di depan kandang gajah

 

PAKET KOMPLIT MAGANG

Selain sayembara, disini juga banyak kegiatan lain yang seru, mulai dari QUIZ Magangers yang bertujuan untuk belajar kembali tentang perjalanan arsitektur di berbagai belahan dunia.

 

Kemudian ada kegiatan ekskursi A.K.A. Jalan-jalan dan makan-makan gratis yey

 

Ada makan-makan juga

 

Ada nonton bioskop bareng juga

 

Dan ada juga nih yang jarang didapetin anak magang di studio-studio lain…. Yaitu bikin INSTALASI!!!
Yap jadi waktu itu kita bikin instalasi di rooftop Peopole yang namanya “AURORA PEOPOLIS”

Pokoknya paket komplit banget deh magang 6 bulan di studio SA_e, mulai dari dilibatkan dalam project, ngerjain sayembara, jalan-jalan, sampe bikin instalasi juga ada. Pokonya terimakasih banyak untuk semuanya yang ada di Studio SA_e, terutama kawan-kawan magangers yang sudah mewarnai hari-hari selama 6 bulan ini.

 

Akhir kata, Terimakasih untuk Mas Ario yang sudah memberi kesempatan magang di studio SA_e, mas Bamby, mas Pandu, dan mas Tomi yang sudah membimbing permagangangan duniawi ini, lalu mas Alvin dan mba Indi yang sudah mengkoordinatori anak-anak magang dengan sangat baikkkk, dan kawan geng Banjar (Santoso, Kukun, Yoni dan mas Rian) yang bikin gue jadi sering solat di masjid, mas Supar yang jarang ngobrol tapi sekalinya ngomong bikin ngakak terus, dan mas Robi yang sudah mensuplai kebutuhan pangan kantor hahaha dan untuk semua yang belum tersebutkan, Terimakasih banyak!!

( 5 Juli 2019 )

Cahyo Priambodo – Universitas Sebelas Maret

Back To Top