skip to Main Content

Oleh : Sarah

Berkunjung ke Indonesia Mengajar

Tanggal 30 Juli lalu, tim PITA berkunjung ke Indonesia Mengajar dalam rangka mempelajari konsep inovasi sosial dan meminta masukan kepada pihak Indonesia Mengajar yang saat itu diwakilkan oleh Pak Hikmat Hardono sehubungan dengan proyek PITA yang saat ini sedang berjalan yaitu MEJA SEMANGAT.

Proyek Meja Semangat merupakan sebuah proyek dengan tujuan akhir menggaungkan inspirasi yang diharapkan dapat menjadi gerakan sosial. Meja Semangat adalah sebuah dedikasi untuk anak-anak yang sedang dalam proses menuntut ilmu agar lebih semangat. Permasalahan yang ditemui di TPQ Al – Uswah adalah penggunaan “dingklik” sebagai meja untuk membaca Al Qur’an. Hal ini dirasa kurang sesuai dengan fungsi asli dari sebuah dingklik yang digunakan sebagai tempat duduk. Nantinya diharapkan Meja Semangat dapat menstimulus penggunanya untuk lebih semangat dan giat belajar.

Kami melakukan presentasi di Indonesia Mengajar yang diwakilkan oleh Mas Ario selaku salah satu inisiator PITA. Presentasi ini secara garis besar menjelaskan proses yang telah kami lakukan selama 6 bulan terakhir. Setelah presentasi selesai, Pak Hikmat mulai memberikan masukkan yang bagi kami sangat menarik dan menginspirasi.

INOVASI SOSIAL

3

Pak Hikmat pertama-tama mengamati produk Meja Semangat serta beberapa kali melontarkan pertanyaan pada kami demi memahami terlebih dahulu mengenai Meja Semagat. Setelah beberapa kali bertanya, beliau mempraktekkan membuka Meja Semangat dan tak lupa melontarkan guyonan khasnya yang membuat suasana menjadi hangat.

INOVASI SOSIAL = CITA-CITA x KONTEKS

Inovasi sosial, dua kata bila dijadikan satu bisa jadi artinya abstrak, menjadi istilah baru, multi interpretasi bahkan bias dan hal ini didefisinikan dengan rumus oleh Pak Hikmat. Pada awalnya kami terheran-heran apa maksud dari rumus tersebut tapi dua jam setelahnya otak kami dipenuhi penjelasan-penjelasan menarik mengenai inovasi sosial ini.

“Kami datang untuk mendapatkan masukan untuk aktifitas kecil kami. Dan yang kami peroleh ketika kami pulang adalah kebingungan positif yang mendalam.” – Ario Andito

Meja Semangat telah melalui berbagai proses mulai dari pematangan desain juga pemahaman konsep sosial project. Sampai saat ini sendiri, Meja Semangat masih dalam tahap pengembangan. Sudah ada 4 (empat) prototype yang dibuat dan akan terus-terusan diperbaiki demi mendapatkan hasil yang terbaik dan pada tanggal 11 September 2015 lalu Meja Semangat akhirnya di launching dan pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan Meja Semangat dengan TPQ Al Uswah, Pondok Jaya.

Back To Top