skip to Main Content
Slide1

Presented by #02magangersae : Darwin Setiawan, Nabila Julianti, Marhama Diba

Apa itu Konstruktivisme?

Konstruksivisme adalah suatu pergerakan di dalam seni & arsitektur yg pertama kali berkembang di Moscow. Seni Konstruktivisme muncul untuk memperbaharui ide bahwa karya seni tidak hanya berputar sekitar “Seni Murni” saja. Jika seni murni hanya terpaku pada kanvas sebagai medianya, namun seni konstruktivisme juga memakai media lain selain Kanvas, seperti Poster, Logo, Perabotan, Bangunan, dan Patung. Para seniman menggunakan material seperti besi, kabel, beton, plastik, dan bahkan kayu untuk karya tiga dimensional mereka.

Konstruktivisme berpengaruh terhadap pembangunan di Indonesia diantaranya beberapa monumen penting bersejarah. Tentunya tidak lepas dari hubungan tokoh-tokoh Indonesia dengan tokoh negara lain salah satunya adalah Uni Soviet.

Gerakan-gerakan sebelum kontruktivisme yaitu :

Konstruktivisme pertama kali diperkenalkan di Russia pada tahun 1913 oleh pemahat / arsitek berkebangsaan Russia, Vladimir Tatlin dari hasil perantauannya di Paris. (1885-1953)

Beberapa landmark di Indonesia memiliki kemiripan bentuk dan latar belakang sejarah yang dipengaruhi dari hubungan baik Indonesia & Uni Soviet,

Back To Top