skip to Main Content

oleh Nuke Filiana Ardini

CHAPTER 1: HOW DID I GET HERE?

Nama saya Nuke Filiana dari Universitas Diponegoro. Periode magang Januari 2015 – Maret 2015.

Magang merupakan salah satu cara untuk membantu saya tau lebih banyak tentang profesi arsitek, yang kalau boleh jujur, pengetahuan saya tentang hal itu dapat dikatakan masih sangat kurang. Maka dari itu, setelah mendapatkan informasi bahwa mata kuliah Kerja Praktek sudah bisa diambil, saya segera mencari kantor arsitek sejak perkuliahan semester 5 selesai. Dengan modal browsing dan bertanya, berakhir pada sebuah blog yaitu Parametr Think Beyond. Parametr Think Beyond adalah sebuah wadah untuk Magangers (sebutan untuk anak magang di Parametr) untuk share pengalaman selama mereka bergabung dengan Parametr. Setiap entri dan cerita yang disampaikan magangers sebelum-sebelumnya membuat saya yakin untuk mendaftarkan diri untuk magang disini.

Parametr adalah sebuah biro konsultan arsitektur dan interior yang berkantor di Pondok Jaya, Bintaro sektor 3A. Walaupun program magang yang dibuka oleh Parametr minimal 3 bulan dan ketentuan dari kampus saya adalah 40 hari kerja, tidak mengurangi tekad saya untuk tetap belajar di Parametr. Selain itu, yang menarik adalah setiap magangers diberikan kurikulum yang sistemnya selalu dibuat lebih baik. Artinya, Parametr merupakan sebuah kantor yang cukup memperhatikan program magang dengan pengarahan dan dibimbing. Lebih dari itu, kami dipercaya untuk mengerjakan proyek bersama dengan Principal dan Parametrian (sebutan untuk semua yang bekerja di Parametr).

Lalu apa yang saya tunggu? Dan ini kantor magang saya yang keren itu.

Untitled-1 copy

CHAPTER 2: INTERNSHIP?

5 Januari 2015.

5 Januari 2015 adalah hari pertama magang. Khawatir langsung diberikan tugas kantor yang saya belum tahu bagaimana caranya, ternyata untungnya tidak. Saya di brief bahwa selama seminggu awal akan diberi materi magang seperti Colouring, CAD, TouchUp, Area Kalkulasi dan yang lainnya. Bimbingan kurikulum itu juga dipraktekkan dengan ikut langsung membantu mengerjakan proyek.

kurikulum magang

Setelahnya, saya diberikan tanggung jawab untuk mengerjakan sebuah proyek private house. Pengerjaan proyek ini dimulai dari pendataan eksisting rumah dan wawancara by email dengan owner. Hari-hari berikutnya, selain mengerjakan proyek private house tersebut, saya supporting proyek lainnya juga. Dengan membantu proyek yang sedang dikerjakan oleh Parametrian, banyak sekali ilmu yang didapatkan secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, ada lagi social project Parametr, yang sekarang dinamakan PITA (Passion Initiative Transform Action) yang sampai saat ini sudah ada Sekolah Krukut dan Meja Semangat. Magangers juga ikut dilibatkan dalam social project itu.

Lalu yang lainnya, ada site visit ke proyek yang sedang dikerjakan Parametr. Sesekali juga diajak untuk meeting dengan klien. Dan keduanya sangat membuka wawasan dan menambah pengalaman, dan jalan-jalan! Selain itu, makan-makan!

Untitled-1 copy copy

CHAPTER 3: BUNCH OF THANK YOU, PARAMETR!

Terima kasih kepada Parametr untuk kesempatan langka yang diberikan kepada saya, mengijinkan saya belajar dari kantor ini, meyakinkan saya untuk fokus akan jadi apa setelah lulus kuliah nanti. Walaupun mungkin saya belum menemukan jawaban yang pasti untuk sekarang, tapi magang di Parametr sudah memberikan saya visi dan banyak hal yang tidak akan saya dapatkan kalau saya tidak magang disini. Terima kasih, Parametr!

Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Principal; Mas Ario untuk ilmu-ilmu dan pengalaman yang di share serta bimbingannya, Mas Harun untuk kesempatan dan ilmu yang saya dapat di Parametr, juga Mas Joffi untuk pengalaman saya magang di kantor ini. Terima kasih juga untuk Mbak Sari karena sudah menghubungi saya untuk magang di Parametr juga untuk semua bantuannya. Terima kasih juga untuk Parametrian; Mbak Yesi untuk ilmu CAD juga interiornya dan sering ngajak saya ngobrol, Mbak Siki buat semua ilmu interior yang kekinian sekali dan sering ngasih pertanyaan dadakan yang saya bingung mau jawab apa, Mas Bamby untuk segala ilmu dan arahan juga bercandaan yang buat Parametr selalu ramai, Mas Kano walaupun kerjaannya banyak dan disuruh cukur kumis tapi tetep semangat ya mas, Mas Tomy buat ilmu area kalkulasi juga utilitas dan proyek lainnya, Mas Santo untuk ilmu ukuran CAD yang katanya dimensinya punya angka ajaib dan semua bercandaannya, Mas Ali buat ilmu-ilmu photoshop dan TouchUp yang keren banget, Mas Ryan Dhani buat sharing waktu site visit ke Sofyan House dan cerita-ceritanya, Mas Riyan Adam walaupun kuliah sambil ngantor semoga bisa fokus di dua-duanya semangat ya mas, Mas Andri untuk share ilmu dan cerita-cerita serunya, Pak Joko untuk semua ilmu dan pertanyaan-pertanyaan-yang-harus-saya-jawab, Mas Pandu buat ilmu staging massa dan colouringnya, Mas Supar untuk ilmu CAD dan ilmu rancang rumah tinggal juga bercandaannya, Mas Ibnu buat bagaimana caranya lihat spacing dari maket juga ilmu tentang maketannya, Mas Syahril dan Mas Robbi superman-nya Parametr tetep semangat ya mas. Hehe. Sukses untuk semuanya.

Dan untuk teman-teman Magangers; Bang Aldo, Mas Roza, Mas Azki terima kasih untuk sharing ilmu magang dan cerita-ceritanya yang seru dan ramai banget. Juga untuk Marthian, Mas Hammam, dan Kak Al semangat ya kalian magangnya dan jangan lupa tidur. Semoga kalian sukses kuliah, TA dan jadi arsiteknya.

Ternyata benar, keputusan saya untuk ijin kuliah selama satu bulan, rasanya semua cukup sebanding. Semoga setelah ini saya bisa mengganti waktu ijin kuliah saya tersebut dengan ilmu dan pengalaman yang sudah saya dapatkan dengan magang di Parametr.

Mohon maaf jika selama saya magang banyak kesalahan yang saya perbuat.

1900178_1191969690831279_4380793054844687241_n

Semoga Parametr Architecture semakin keren dan sukses selalu. Aamiin. Sampai ketemu lagi di chapter berikutnya, Parametr.

Back To Top