skip to Main Content
IMG_3080

A 6 months-shortened story by Indira Odityasari

Pendahuluan –

Pernah mendengar kata ‘Katalis’? Yap! Semasa sekolah dulu, untuk kalian yang suka pelajaran kimia pasti familiar dengan kata barusan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, zat yang dapat mempercepat atau memperlambat reaksi yang pada akhir reaksi dilepaskan kembali dalam bentuk semula. Lalu, apa kaitannya katalis dengan dunia per-magang-an di arsitektur?

Semua bermula sekitar 6 bulan lalu, tepatnya pertengahan menjelang akhir Desember 2017. Setelah melalui serangkaian perdebatan dari dalam diri sendiri maupun dari luar, dengan segala resiko dan sesuatu yang lebih besar menunggu setelahnya, akhirnya saya membulatkan tekat untuk magang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk benar-benar terjun ke dalam dunia arsitektur. Sempat merasa minder dan masih butuh banyak belajar menjadi alasan utama pada saat itu, dan Studio SA_e menjadi tujuan saya menggali ilmu selanjutnya.

Saya bukan orang yang cepat akrab dengan orang yang baru dikenal, namun sepertinya statement barusan tidak berlaku untuk teman-teman di Studio SA_e yang sangat terbuka bagi para Magangersae (sebutan untuk anak magang di Studio SA_e) untuk berbagi ilmu mereka, mulai dari detail-detail kecil dalam presentasi tapi sangat berpengaruh seperti coloring, render (yang ini butuh keahlian ekstra sih, hehehe); referal dalam berarsitektur; bacaan yang bisa membuka pikiran; sampai dengan cerita keseharian sebagai selingan kala penat melanda.

The Project –

Pertama kali masuk dan resmi bergelar magangersae, kita dikenalkan dengan kultur studio oleh mas kano, diajak mini tour Rumah Gerbong, dijelasin mindset biar ga culture shock kali ya? Lalu dilanjutkan dengan belajar coloring yang sebenernya simple tapi ternyata sepenting itu, apalagi untuk presentasi ke client. Ga cuma coloring, dulu sewaktu awal juga harus adaptasi dengan belajar touch up photoshop, belajar render interior eksterior, sampe akhirnya bisa belajar desain walaupun cuma dari part terkecil :’)

ini waktu dulu awal belajar coloring.

ini waktu dulu belajar render interior.

Daaaaaaan setelah sekian lama berkutat dengan mainan touch up dan render, akhirnya mulailah diberi amanah untuk bantu desain rumah tinggal. Dan ini salah satunya, Rumah di Pontianak.

Events –

Jenuh dengan proyek kantor yang banyak dan seakan tak ada habisnya? Tenang, ada keseruan lain yang bisa dimanfaatkan oleh anak magang dan temen temen Studio SA_e yaitu Magangers Talk dan event Tanam Tumbuh. Kalau Magangers Talk ini memang rutin dilakukan Magangersae untuk belajar tentang suatu topic tertentu, waktu itu kami (Saya, Jhon, Oliv, Anis) kebagian tentang Metabolis Arsitektur dan arsitek yang berperan di dalamnya.

Kalau Event Tanam Tumbbuh ini sendiri adalah suatu gagasan Mas Ario yang dibantu oleh Mas Kano dan temen temen Magangersae untuk Open House Rumah Gerbong dan Officially Introducing Studio SA_e ke khalayak umum. Konten acaranya pun bermacam-macam, mulai dari tur Rumah Gerbong sampai Talks dari berbagai pegiat industry kreatif seperti sutradara dan arsitek.

The Happy Parts –

Tidak hanya ‘bersenang-senang’ di kantor, kami juga diberi kesempatan untuk ikut architecture talks dan senang-senang di proyek, seperti beberapa foto di bawah ini waktu kami berkesempatan mengunjungi proyek yang dalam proses pengerjaan sampai yang sudah selesai dan sudah difungsikan.

Special Thanks to –

Dari sekian banyak keseruan selama magang 6 bulan dan banyaknya ilmu yang didapat, tentunya ada banyak pihak yang terlibat di dalamnya.

Mas Ario, the Principal yang sudah dengan sabar dan telaten menurunkan ilmunya, apalagi selalu mengingatkan untuk memperbanyak baca (ini masih diusahakan, hehe) untuk memperbanyak vocabulary arsitektur; yang tetap telaten asistensiin magangersae; motivator kuliah malamnya sebagai penyemangat lagi sewaktu butuh pencerahan; untuk meluangkan kesempatan yang tak tergantikan, tenaga, waktu, wejangan dan yang lainnya untuk anak magang yang hanya butiran debu ini, terima kasih super banyak, Mas.

Mas Bamby, the bapak dari anak – anak se-studio, terima kasih atas kesabarannya ditanya tanyain tentang detail, apalagi kalau sudah menyangkut pautkan keamanan bangunan; dengan segala ketelitiannya melihat kesalahan gambar supaya desainnya ga cuma bagus secara visual, tapi juga fungsional dan aman bagi penggunanya; teman makan makan pulang kantor; terima kasih atas segala ilmunya, Mas.

Mba Sari, the mamake studio, salah satu teman cerita ketika yang lain Jumatan, maklum aja minim cewe di kantor :’) terima kasih ya Mba sudah dengan telaten ngingetin untuk melakukan apa yang harusnya dilakukan, untuk kesempatan yang diberikan, untuk segala nasehatnya dan rekomendasi kosannya hehehe.

Mas Kano, mentor magangers, penghibur dengan segala lirik lagu nyelenehnya hahaha. Terima kasih ya mas sudah mengenalkan kultur studio pada umumnya dan Studio SA_e khususnya sebagai mengingat untuk kembali ke jalan yang benar.

Mas Tomy, yang awalnya ku kira super cuek dan ternyata super perhatian, terima kasih untuk segala ilmunya di perarsitekturan mulai dari proporsi, detail, sampe perintilan detail, sampai dengan non artitektur yang super random pasti Mas Tomy punya trivia tentang apapun yang lagi dibahas, and that’s so cool!

Mas Pandu, dengan segala triknya dalam  mengerjakan desain karna punya mindset “karna aku males, jadi harus  cari cara kerja terefisien” yang ternyata ada benernya hahaha. Terimakasih sudah mau dengan ikhlas menurunkan kiat kiatnya ke adik2nya. Eh, ikhlas kan ya?

Mas Supar, manusia tersuper sabar se studio kayaknya yang ga ada bosen bosennya ditanyain detail konstruksi, semoga dilancarkan dalam dunia perkontraktoran ya, Mas!

Mas Riyan, terimakasih untuk ilmu detail detail cad nya hehehehe

Alvin, partner berantem, akur cuma kalo jajan KOI. Ga deng. Thank you for being such as supportive friend. Semoga bisa menjadi dynamic duo yang ga berantem terus.

Kukun dan Yoni, terimakasih untuk segala bantuannya dalam gambar kerja, aku butiran debu tanpa kalian hahaha.

And last for the other Magangersae, Anis, Oliv & Jhon semoga tugas akhir kalian dilancarkan sampe lulus, dan Olvi Semangat mengejar cita citanya di Bandung!

Last words –

Mohon maaf kalau kiranya dalam perilaku maupun ucapan ada yang kurang berkenan selama 6 bulan terakhir ini dan terima kasih kepada teman teman Studio SA_e yang sudah menjadi katalis pasca kelulusan saya, dengan segala ilmunya, dengan segala bimbingan dan petuahnya, dengan segala senang-senang maupun perjuangannya yang sudah menjadikan saya seperti sekarang, semoga apa yang sudah diberikan sejauh ini bisa dikembangkan lebih baik lagi.

 

With love,

Indi

Back To Top