skip to Main Content
img_4634

____Soft Opening

Selamat pagi, siang atau malam para hadirin. Good morning, afternoon and evening ladies and gentleman. Dimulai dari tanggal 4 agustus 2017 ini saya akan mengungkapkan rasa terimakasih yaitu berupa sebuah cerita singkat tentang perjalanan saya mengarungi satu musim berseragam Parametr architecture sebagai magangers. Sebuah perjalanan yang nantinya tidak akan pernah saya lupakan dalam seumur hidup.

Alasan utama saya untuk mengikuti program magang yaitu rasa keingintahuan tentang ilmu arsitektur secara real yang belum pernah saya dapatkan di kampus. Pernah muncul di benak pikiran saya, gimana sih orang bekerja secara tim di bidang arsitektur? Apa aja sih yang dikerjain? Sebegitu pentingnya ya harus lembur dan diomelin atasan?. Semua pertanyaan tersebut hanya bisa ditemukan di magang enak saya ini.

Harus magang ya?

Pada awal semester 1 saya tidak pernah terpikirkan buat merasakan apa itu magang. Adanya kalo magang itu menunda lulus (wajarlah, mahasiswa anyaran mikire pengen cepet lulus). Tapi sejalan waktu berlalu, pada awal semester 5 kepikiran rasanya buat mencoba magang. Eh setelah merasakan peliknya desain pake software semangat buat magang itu pun mulai membara. Berhubung saya suka kepo-kepo di Instagram, saya jelajahi berbagai biro konsultan desain di ranah ibukota. Dan finally saya kok nyantol sama ignya Parametr. Saya perhatikan banyak banget update an yang meliput kegiatan anak magang (magangers). Saya semakin manteb ketika kakak tingkat saya (Azki dan Danang) pernah magang disana. Waktu itu mas Danang yang sering cerita-cerita pengalaman magang di Parametr. Awalnya berat sih (maklum buat pertama kali pengalaman jauh dari orang tua), tapi kalau memang kebutuhan ya mau nggk mau harus ditekatin.  Setelah mencoba meng apply portofolio saya yang alakadarnya, dan alhamdhulilah dibales. Haha. Setelah tanya-tanya via email, alhadhulilah dikasih rejeki buat magang di Parametr. Dimulai dari tanggal 20 februari 2017. Saya memulai perjalanan magang saya yang kebetulan bareng temen seperjuangan Rifky.

____Perjalanan Magang

Hari pertama masuk, saya dan rifky langsung disambut sama mas kanoasa akbar (namanya minta disebut lengkap) selaku kordinator anak magang. Setelah di brief, kita langsung dibolehin buat gabung bekerja. Awalnya masih kaku, malu-malu lah. Tapi atmosfer kantor yang orangnya lucu-lucu membuat saya nyaman lah dengan lingkungan yang baru.

Sejak pertama masuk, sedikit kaget dengan pola kerja yang diterapkan. Biasanya dikampus garap tugas sakgelem e mau mulai dari mana, sekarang kami (magangers) dituntut bisa bekerja secara teratur dan cepat. Banyak banget vocabulary arsitektur yang masih belum saya pahami. Makanya saya sering nanya dan terlihat nggk mudeng haha.

Dari yang awalnya tertinggal banget, perlahan saya mulai mengejar dan menyesuaikan pola kerja dikantor. Kebetulan pada awalnya saya ditugaskan buat nge layout steller Parametr. Berbekal keterampilan corel dari kampus, saya mulai bisa menyesuaikan. Meskipun masih sering direvisi wkwk.

“Fotonya diedit dulu biar nggk distorsi, jangan males.” Mas Ario

“Nggih mas siap”

Selalu teringat waktu saya ngelayout steller (nggk bisa sembarangan layout ki, iso lembur nek revisi terus -_-).

“Kalau mau jadi arsitek harus mau kerja capek, ada saatnya kalian bakal merasakan kerja untuk senang. Kaya saya sekarang ini kerja buat senang, kalian yang capek Hahaha” Mas Ario (sambil ngakak banter banget)

Okay, sebuah nasihat yang pastinya selalu saya tanamkan di kobaran api semangat berarsitekturku. Saya yakin kalo kita mengerjakan sesuatu dengan niat yang tulus insyallah hasilnya tidak mengingkari.

SWARNAKEKAYOOOOON__

Nukang sek cooy

Sebuah pengalaman yang termasuk unik dan asik (Nukang). Yak waktu itu anak magang (saya dan rifky) ikut gabung tim swarnakekayon yang dipimpin mas gyrass selaku kordinator tim dan dibimbing langsung desainnya sama mas ario untuk mengerjakan sebuah proyek instalasi untuk didisplay di acara Java Jazz. Sangat beruntung mulai dari awal udah ikutan proses desain dari yang skalanya kecil sampai ikut membuatnya. “Bubble wrap+skafolding+pallet” terkadang kita (ex tim swarnakekayon) masih sering trauma kalo lihat 3 barang tersebut hahaha.

NGANTOR LIFE__

Tiap hari masuk jam 9 pagi, pulang tak tentu. Kehidupan yang menurut saya sudah membantu menata pola hidup dalam mencintai arsitektur secara utuh. Capek? Ya pastilah. Namanya juga berani kerja capek. Hasil tidak akan mengingkari usaha.

“NO SACRIFICE, NO VICTORY!”, King Arthur

Ngantor Life

Pada awalnya masih disuruh belajar coloring sampe bosen, kemudian naik step latihan touch up dn sampe akhirnya bisa nyentuh cad sama sketchup itu udah jadi rintangan yang wajib dilewatin. Untungnya ada mas-mas Parametrian yang sabar+telaten banget ngajarin kami (magangers) yang kadang masih cupu pegang modeling sketchup.

 

Buka Bersama

 

Selama magang di Parametr, ada 3 hal yang bikin saya deg2an.

  1. Kalo udah Jum’at sore  kerjaan masih banyak dan ada pengumuman “Sesuk lembur yo bro” hahaha (batal malmingan)
  2. Asistensi sama Mas Ario (terutama pas denger suara vespa dateng dan suara hentakan sandalnya pas masuk kantor) hahaha tapi seru mas, bakal ngangenin.
  3. Lupa naruh file. Biasanya kalo udah ditanya “file kemarin ditaruh mana ya?” langsung dah panik nyariin.

3 hal di atas merupakan kenangan yang bakal tak inget terus sambil ngakak.

Kalimat JOSSS adalah sesuatu yang bikin lega

MAQ & MAC__

Pas disini mikirnya nggk kepikiran bakal nemu quiz ataupun semacamnya. Dengan inovasi program magang yang baru, kami (magangers) ditantang untuk mengikuti Mac and maq. Sebuah kegiatan sayembara yang waktu itu objek nya rumah  gerbong dan presentasi dari tokoh2 arsitektur beserta karyanya. Bagian dari refreshing banget bisa ikutan MAC & MAQ.

EXCURSION__

Sebuah kebanggan banget bisa diajak jalan-jalan ke proyek Parametr yang keren2. Apalagi kalo ekskursi ke proyek yang lagi jalan dan ikut bantuin ngerjain (bangga cuuy).Dilapangan jadi lahan kepo buat nanya2 yang selama ini nggk pernah aku temuin di kampus.Jadi ya bonus banget dah, selain kita belajar distudio kita juga dikasih ilmu lapangan juga. Selain itu jalan2 ke proyek juga jadi kesempatan buat foto2 dan ikut2an bikin vlog yang kayak arsitek2 ternama itu tuh (btw kepoin architectlaugh ya, like and subcribe juga) haha.

Dan dihujung cerita, saya bakal menunjukkan kerja keras saya setelah ini. Kerja keras adalah bagian rasa terimakasihku untuk Parametr Architecture.

Project Experience

Architectlaugh Eps 12

TRACKING AND TRAVELLING__

Kayaknya cuma di Parametr doang yang anak magangnya diajaking tracking ke gunung. Kesempatan langka bisa tracking ke gunung di daerah Jawa Barat. Nggak nyangka bakal kocak banget kita digunung bareng. Sapa tau bisa jadi program baru buat magangers kedepannya hahaha.

                  My Special Thanks to Parametrian

Big thanks to Trio Principal

Mas Ario : Terimakasih banyak mas atas kesempatan buat menimba ilmu di Parametr. Terimakasih segudang ilmu arsitektur dan non arsitektur yang sudah disalurkan serta wejangan hidup yang jadi motivasi untuk kedepannya. Bakal kangen suara sandal mas ario masuk kantor haha.

Mas Joffi: Terimakasih banget mas joff uda diajak tracking ke Papandayan. Pokoke tak tunggu jadwal tracking selanjutnya.

Mas Harun: Terimakasih mas atas ilmu sayembara dan interiornya. Dapet kesempatan juga bantuin buat ppt jalan2nya mas harun di venice hehe.

Sukses terus buat Mas-Mas Principal.

Mas Bamby (Bapakke) : Matur nuwun banget mas bem atas segala ilmu dan cerita2 nya haha. Suara bersin dan glegeken yang ngangenin dah wkwk. Keep nyarbin and ngupi mas. Jangan lupa kl ke jogja kabar2 mas.

Mbak Sari (Mamahke) : Untuk mamahku di Parametr, terimakasih banyak mbak udah mau bersabar dalam menghadapi cobaan aku dan rifky tiap hari haha. maaf kalo selama ini saya kadang ngeselin. byebye mbaak. Maapkan nggk sempet salim buat pamit 🙁

Mas Tomy : Gilaak tiada hari tanpa berkhayal hal-hal koplak bareng mas tom haha. Thanks banget mas ilmunya sama pencerahan buat tugas akhirku. tetep kumandangkan mars partai cg* mas wkwk.

Mas Supar : oh mas supar aka mas sapur yang mirip chiellini, terimalah ucapan terimakasihku yang tulus dari lubuk hati (wkwkwk malah ngopooo) suwun banget ya mas ilmu dan wejangannya waktu di mang udin.

Coach Andri : terimakasih banyak mas atas ilmu landscap dan pohon-pohon nya. haha pohon 3d mu mas sumpah bikin aku strees. wkwk makasih juga sharing-sharingnya.

Mbak Yessi : Mbak yessi selaku Panwil dpp partai cg* jangan lupa buat laporan terus buat pak ketum ya haha. terimakasih banget buat ilmu interiornya mbak. Jangan lupakan kalo kita pernah di setrap bareng (pulang malem) haha. salam buat  anin yang lucu ginuk2 dan daniel yang raiso anteng hehe

Mas Kanoasa Akbar (minta ditulis lengkap) : Terimakasih banget ku ucapkan buat pak mentor magang yang selalu sabar mengajari saya sampai bisa.  tanpamu aku hanyalah homeless selama 4 hari mas hahaha. suwun banget tumpangannya.

Mas Pandu (warga kos jl kaca) :  Thanks banget yo mas udah diajarin render, touchup, dan di instalke laptopku wkwk. ojo boros-boros belonjo online. Gek golek pacar. Perhatikan proporsi perutmu.

Mas Rian (michin) : suwun banget yo mas wes diajari ngecad (meskipun ra dadi garapan e haha) lancar terus kuliah e mas. Ojo wedi karo dosen haha.

Mbak suci (Idolakuu) : buat idolaku mbak suci, terimakasih banget udah selalu mengerti isi dompetku tiap tanggal 25. makasih udah sabar banget kl tak godain sm tak ajakin ngrumpi haha. salam buat zahfran mbak.

Mas Ibnu : Makasih banget mas udah diajarin bikin maket, diajarin ngerjain sesuatu itu yang rapi, dan thanks udh ditraktir nonton. haha  ternyata nonton berdua karo cowok ki yo aneh rasane mas.

Mas Robbi : terimakasih mas atas indomie nyemek yang spesial banget dah.

Pak Sumac (Sugeng Macho): terimakasih pak udah dianterin jalan2. temen curhat kalo pas sebat di depan kantor. tetaplah macho di jalanan ibu kota pak!

EX Magangers dan Parametrian:

Mas Gyrass : Thanks banget mas udah diajarin sketchup dan ngecad nya. makasih udah jadi temen ngobrol dan makasih udah ditraktir nonton filkop. Sukses yo

Dias ; Suwun ya yas wes jadi konco ngobrol. Haha jadi inget koe baca GPS malah nyasar.

Pingki pingdim : thanks ping buat warisan stellernya. makasih juga buat sharing2nya selama seminggu haha. Sukses kuliahnya

Nia : haha ni suwun ya udah jadi partner magang sek tiap hari mau tak kibulin. sorry lo nek ada salah haha. salam yo nggo pak imam wkwk. sukses ya kuliahnya.

Buat Magangers Parametr

Mita & Ade : Thanks ya temen2 atas semuanya. Pesenku jangan pernah ngeyel kalo dikasih tau. nikmatin aja prosesnya.

Oh iya buat Yoni : Sing rajin ya yon, manut apa kata mas adam riyandi. haha

Serta yang tak terlupakan Partner magang yang udah sejoli dari kampus bisa magang bareng disini (RIFKY) : thanks banget lu udah jadi partner serius dan koplak. waktunya kita balik buat TGA cuk. sukses!

Dan akhirnya saya pun harus kembali ke habitat. Berat, galau dan udah kadung nyaman itu yang sekarang saya alami. Tidak pernah terlupakan pengalaman magang enak ini 🙂 Terimakasih Parametr. Sukses selalu ya buat semuanya. Salam Dari personil Duo Kampret…

Back To Top