skip to Main Content

oleh ; Azki Muhammad

Oktober 2014 – Januari 2015

10911449_1134105709951011_5464296672123250284_o

Prolog

Tanggal 10 Januari 14 saya memulai menulis tulisan singkat saya ini sebagai ucapan terima kasih, kenangan, kesan atau pesan selama magang di kantor ini. okay semua ini berawal dari adanya matakuliah di kampus saya yaitu Program KP (Kerja Praktek), terbagi menjadi (Perancangan, Penelitian & pengawasan). Saya memilih KP perancangan karena alasan ilmu yang didapat dalam konteks mendesain lebih dalam, lalu saya memilih magang di kantor konsultan arsitektur.

Sebuah pertaruhan yang tidak kecil dari Jogjakarta ke Jakarta. Kenapa di Jakarta ? makan waktu lama ? menunda satu semester untuk di wisuda ?

Sebelum lulus kuliah saya ingin tahu cara arsitek berpraktek, masalah yang dihadapi dan bagaimana metode/pendekatan desain yang diterapkan pada proyek real. Karena rumah di Jakarta ya sudah lebih baik disini biar lebih hemat. yaaa itu alasan kenapa magang.  Di awal semester 5 saya mulai penasaran bagaimana berproses dikonsultan arsitek hingga menghasilkan produk dengan karya berupa bangunan terbangun. Ternyata saya magang baru ter-realisasikan di semester 7, padahal magang lebih cepat lebih baik loh.

Teori tanpa praktek membosankan, Praktek tanpa teori menyesatkan

Chatarina Depari

Untitled2-1

content

to be honest, saya datang ke kantor ini dengan literatur yang menggenaskan, bukan karena kampus saya, melainkan karena saya malas membaca literatur arsitektur pada awal-awal semester kuliah. Saya mulai mengejarnya pada semester 3 dan sampai saat ini. Pertama -tama rasanya agak kerepotan untuk menyimbangi gerak di kantor ini yang cepat dan harus menyesuaikan orang-orang dikantor yang sudah pro dalam dunia arsitektur. Saya mulai memahami standarisasi gambar, kalkulasi dan cad sesuai standar dari kantor. Intinya sih harus aktif, mau bertanya dan telan saja dulu ilmu yang diberikan oleh principal dan parametrian.

Di awal saya magang tugas yang diberikan berupa mensupport project architect untuk memproduksi gambar, bisa berupa gambar dari cad & SU, kalkulasi, stagging, gradding dan touch up. Kami (anak magang) mensupport proyek dengan beragam tipologi, dari hospitality, mixed use, residential dll. Program R&D (research & development ) yang diberikan Mas Ario kepada magangers pada awalnya adalah pintu. program ini based on project, juga sebagai media penambah vocab dan exercise anak magang. Sekarang tema R&D diganti menjadi studi rumah gerbong. Selalu dilakukan diskusi demi diskusi perminggu, saya mendapat pencerahan dan masukan-masukan bagaimana desain yang baik dari Mas Ario apalagi yang berhubungan dengan spatial. Thanks Mas

 plan, do, check, recheck & action . Bekerjalah dengan totalitas

Ario Danar

reye5

Setelah melalui minggu pertama,kedua dan ketiga saya mulai merasakan nikmatnya proses berarsitektur di kantor, Seiring terjadinya diskusi desain disertai humor yang khas (waduhhhh) dari Principal, Parametrian dan teman magang benar-benar membuat suasana cair kadang saya juga gugup sih. Candaan atau juga bully-an yang dilontarkan oleh temen-teman magang dan parametrian juga membuat hubungan di kantor semakin dekat.

ee

1 bulan terakhir ini kami (trio magangers) mendapat kesempatan bergabung dengan principals dan beberapa arsitek di Parametr untuk berdiskusi dan mengerjakan sayembara internasional by UNESCO, cultural center di bamiyan, Afghanistan. Wahh disini prosesnya sangat mengasyikan dan secara pribadi ini menambah passion sayembara. sorry Aldo & Roza saya harus selesei duluan gak bisa nemenin sampe akhir hehe 🙂

i like Grid & Axis very much

dsvdv

We are more interested to what the building does than how the building looks 
Rem Koolhas

revgrg

PARAMETRIP 2014

conclusion

Dipenghujung tulisan ini saya bisa mengambil hikmah dari hasil yang didapat dari kegiatan magang di kantor Parametr ;

1. Kepercayaan diri, dari hasil diskusi dan tanya-tanya baik melalui forum ataupun personality, saya sudah memiliki sedikit gambaran bagaimana seorang arsitek nantinya bekerja. Maksudnya ketika saya menjadi fresh graduate kelak saya lebih percaya diri bekerja di konsultan arsitektur karena sudah sedikit pernah melaluinya melalui program magang.

2. Gairah, diantara trio magangers (saya, aldo dan roza) saat ini mungkin saya yang paling parah kekurangan asupan literatur arsitektural (sampai Mas Ario sambil bercanda pernah memanggil kami cah-cah magang sing dableke dablek nemen). Gairah membaca buku arsitektur (sekarang saya lebih suka buku arsitektur yang tidak terlalu teoritis ya seimbang gitu deh) dan mengalami arsitektur itu sangat dipenting bagi mahasiswa arsitektur. Rasa-rasanya setelah selesai magang ingin baca semua buku yang ada di perpus kampus dan jalan-jalan ke objek-objek yang ber-arsitektural dimulai dari Jogja dulu. Masih banyak hal yang belum saya ketahui tentang arsitektur dan inilah saatnya saya mengejar.

3. Manajemen waktu, ini sudah saya lakukan sih dari awal semester misal mengerjakan tugas kuliah sambil kerja freelance, ikut sayembara & organisasi tapi pas magang kayanya susah banget membagi waktu buat yang lain. Apa mungkin kerjaan di kantor lebih banyak dan berat ya bisa jadi, apa mungkin juga karena lelah brangkat pagi pulang malem terus. Akhirnya dari sini saya belajar bagaimana mengatur waktu agar lebih detil dan tertata buat kedepannya.

Special thanks to Principals, Parametrian & ALL

Terimakasih yang sebesar-besarnya buat Principal ( Mas Ario, Mas Harun & Mas joffi ) karena sudah banyak sharing ilmu, pengalaman dan diskusi yang hebat, Mbak Sari & Mbak Suci yang selalu ada di depan mejaku dan menemani hari-hari ku selama 3 bulan di kantor (jangan galak-galak ya mbak), Mas Bemby mkasih udah ngajarin regulasi bangunan, jawab pertanyaan di lapangan dan detail2 desain, Mas Tommy gw gak bisa hidup tanpa bully-an lu mas HAHA bakal kangen nih dibully thanks banyak ilmu yang sudah di sharingkan, Mbak Yessi thankyou (ala mbak yessi).. atas segala ilmu interiornya dan ngenalin bahan material dan perabot untuk interior, Mbak Sichi thanks atas ilmu touchup interior, render interior, Mas Santo terimaksih udah diajak muter2 dan tanya tentang proyek andalan, Mas Ali terimakasih atas ilmu touchup an yang keren abis, Mas Ryan zombie terimakasih sudah ngajarin cad cepat haha sorry ya mas kalo kita berdua bareng pasti dateng kesialan, Mas Ryan Gede Makasih mas udah ngajarin cad praktis dan pelajaran dari curhatan waktu kecil lu kocak banget, Mas Andri makasih udah diajak ngerjain masterplan palingkau dan lawakan khasnya, Mas pandu thanks udah ngajarin fasad soho, Mas Supar makasih atas sharingnya tentang dunia arsitektur di indonesia dan diluar, Mas Ibnu makasih udah ngajarin motong maket yg bener dan ngenalin bahan-bahan maket yang bagus (maket monokrom keren abisss), Mbak derin thanks udah ngajarin desain apartment, Mas Robbi makasih atas segalanya mas maaf kalo malem2 berisik, Mas Kano semoga betah berarsitektur dikantor yang kece ini, Nuke Semangat ke, makan yang banyak yaah dan jangan lupa ajak ngobrol aldo&roza. Nah iniii Buat Aldo & Roza temen2 magang saya dari awal hingga akhir saya di kantor semangat…thanks atas diskusi & bully-an sehari-harinya, dan ojoo di cul Bamiyan. Semangat yaa bentar lagi kalian skripsi semoga kelar cepet amin, bisalah sayembaraan bareng lagi haha. Khusus buat Aldo udahlah Let her go aja. gue tunggu yee seminar akhir kalian ber2 semoga desainnya baik, sangar dan porakporanda.

mungkin itu yang saya bisa tulis mohon di maafkan jika ada kesalahan yang tersirat maupun tersurat. Semoga semakin sukses Parametr Architecture. Salam

 

Back To Top