skip to Main Content
ayo mag

Saya nisa, dari Universitas Sriwijaya Palembang, periode magang 11 Februari – 11 Agustus 2016. Biasanya magangers –sebutan untuk para anak magang di parametr- mahasiswa tingkat akhir yang diwajibkan mengambil mata kuliah internship (kerja praktek), sedangkan saya sudah lulus dari kuliah yang mengalami masa transisi menuju ke dunia kerja. The real world that you must deal with it. Pilihan magang saya ambil karena saya merasa bingung benarkah saya akan menjadi seorang arsitek? Sanggup atau mampukah saya menjadi seorang arsitek? Dan saya juga merasa minim sekali pengalaman serta skill untuk memasuki dunia kerja sebagai seorang arsitek. Akan tetapi hal itu tidak mengurangi semangat saya. Saya ingin sekali menjadi seorang arsitek. Akhirnya saya mencari-cari info melalui internet dan akhirnya saya menemukan website parametrthinkbeyond. Website ini berisi tentang pengalaman dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan magangers di parametr. Banyak program magang yang menarik dan membuat saya ingin sekali magang juga di parametr. Dari mengerjakan proyek hingga sayembara, yang saya harapkan dapat menambah kemampuan saya untuk menjadi seorang arsitek sebelum saya benar-benar memasuki dunia kerja. Selain itu proyek sosial yang dikerjakan oleh parametr menjadi daya tarik tersendiri buat saya yang membuat parametr berbeda dari konsultan lainnya. Jadi disinilah saya selama 6 bulan magang di parametr untuk mengasah skill dan teori saya yang masih sangat minim.

Pertama kali saya masuk parametr saya disambut oleh mbak sari dan mas bembi. Orang-orang di kantor ini sangat ramah dan baik, tapi sebagai pendatang, saya merasa gugup dan nervous berhadapan dengan orang-orang baru. Hari pertama saya dijelaskan mengenai apa saja yang akan saya lakukan selama magang yaitu keterlibatan saya pada proyek, sayembara, serta (RnD) research and development. Kemudian saya diajarkan materi pertama yaitu colouring dengan photoshop mulai dari siteplan, denah, interior dan eksterior. Setelah itu saya mulai dilibatkan dalam mengerjakan proyek, dari membantu colouring denah, mentouch-up interior dan eksterior, mengerjakan cad, dan membuat 3d.

Dari sini saya benar-benar merasa sangat kurang sekali skill yang saya miliki. Touch up interior saya pertama kali benar-benar aneh dan kalo kata mas bamby “kayak kartun” hahaha. Tapi saya tidak patah semangat. Saya terpacu untuk bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dan memanfaatkan waktu yang saya miliki selama magang di parametr. Saya menyadari kekurangan saya, dan saya mulai ‘menganggu’ senior-senior di parametr untuk mengajari saya. Dimulai dari render dan touch up untuk menghasilkan gambar seperti aslinya yang membuat saya terkagum-kagum. Saya diajari merender oleh mas pandu dengan plugin v-ray, kemudian touch-up oleh mas ali dengan photoshop. Entah sudah berapa pertanyaan saya lontarkan ke mas pandu mengenai render “mas ini kok rendernya gelap?”, “mas ini kok rendernya lama banget”?, “mas ini gimana option vraynya kok jadinya kartun?” juga ke mas ali mengenai render dengan photoshop “mas gimana caranya bikin lampu?”, “mas gimana caranya nempelin orang biar skala perspektifnya bener?”, “mas gimana masukin material gambar?” dan beribu-ribu pertanyaan-pertanyaan lainnya yang dijawab dengan sabarnya dan akhirnya saya bisa.

eeee

Selain touch up saya juga diajari untuk memperdalam pengetahuan saya mengenai arsitektur mulai dari arsitek-arsitek di Indonesia maupun di luar negeri kalau memang benar-benar ingin jadi arsitek. Kalau meeting dengan Mas Ario dan membicarakan tentang arsitektur saya cuma terdiam karena saya tidak nyambung dengan apa yang dibahas. Sedih. Apalagi kalau disuruh searching di google oleh Mas Ario saya sering menginput dengan ejaan yang salah. Malu. huwaaa

Saya juga merasa kurang sekali dalam area calculating baik itu mixed maupun single development dan saya minta diajari oleh Mas Tomi –master calculating-, penjelasan dari mas tomi benar-benar menambah pengetahuan saya mengenai cara menghitung KLB, KDB, GSB, GFA, KDH, RTH. Salut sama ketelitian Mas Tomi dan rumus-rumus yang sudah hafal diluar kepala.

Kemudian saya juga diajari oleh Mas Ryan dan Mas Andri bagaimana mengerjakan gambar di autocad dengan cepat, tepat dan lengkap. Saya diberikan short-cut ajaib untuk mengerjakan cad dengan cepat, Mas Ryan juga memberikan catatan kepada saya kelengkapan apa saja yang harus ada di gambar cad. Banyak banget pertanyaan-pertanyaan yang sering saya tanyakan ke mas ryan dari pertanyaan mengenai shorcut dan menggambar detail sampai pertanyaan berulang yang sebenarnya sudah ditanyakan tapi kelupaan. hehe

Mas bamby juga mengajari saya mengenai peraturan-peraturan yang harus diperhatikan dalam membangun suatu bangunan. Mulai dari peraturan tangga darurat sampai dengan peraturan khusus difabel. Saya merasa nggak tahu apa-apa mengenai peraturan ini. Banyak banget yang harus dihapal. hiks.

Ketika saya diberikan tugas interior saya menyadari ternyata untuk menciptakan ambience suatu ruangan itu tidak mudah. Mbak Yesi yang mengajari saya bagaimana membuat interior yang bagus, mulai dari pemilihan perabot, mangatur layout perabot di denah, mendesain plafon, mendesain finishing dinding, dan juga finishing lantai. Kadang banyak sekali material-material yang disebutkan oleh Mbak Yesi asing ditelinga saya. Tapi akhirnya ilmu saya dalam mendesain interior bertambah.

ini adalah beberapa proyek parametr yang melibatkan saya sebagai magangers

Selain proyek saya dilibatkan pada kegiatan non-project seperti sayembara. Sayembara yang pertama kali saya dilibatkan adalah sayembara Bandara Mali – Alor. Dalam sayembara, magangers dilibatkan dalam proses mencari ide dan mendesign. Tapi untuk sayembara ini saya mulai menjelang akhir waktu pengumpulan sayembara dan hanya mengerjakan touch up denah dan interior.

Ada beberapa sayembara yang saya ikuti dari awal proses mendesain hingga pengumpulan yaitu:

Sayembara fotress europe untuk acara venice architecture biennale 2016

5
Sayembara Bamboo biennale 2016

11111
Mengerjakan sayembara memberikan saya banyak sekali pelajaran mengenai proses mendesain dari memikirkan ide dasar sampai dengan ke tahap untuk menghasilkan desain yang amazing. Ternyata untuk menghasilkan design yang baik dibutuhkan proses yang panjang dan perubahan dalam mendesain adalah hal yang tidak bisa dihindari.

Hal menarik lainnya dari kantor ini adalah banyaknya buku yang ada disini untuk menambah literatur mengenai arsitektur, walaupun jujur budaya membaca saya masih kurang tapi disini saya mencoba untuk meningkatkannya. Candaan mas-mas disini yang bisa bikin ketawa sampai sakit perut dan bikin pipi pegel, cemilan sore yang enak-enak banget bikin saya mau ambil dua tapi malu jadinya cuma satu, obrolan dan diskusi di ruang akar, ngobrol dan curhat sama mbak sari mengenai masa depan sampai jodoh, mas bemby yang suka ngelucu mencairkan suasana dan ngegodain mbak sari, main uno sama Mas Tommy dan Lisa sampai buat forum sendiri konferensi meja kotak (KMK) buat dengerin curhatannya lisa soal kehidupan percintaannya, mas kano yang peka kalau saya lagi bete dan nanyain “gimana nis?” haha, ulang tahun yang dirayain sama lisa, makan-makan enak setiap jumat malem, nonton bioskop dan masih banyak hal seru lainnya yang ga bisa saya jabarkan satu persatu disini dan saya akan sangat kangen dengan kantor ini.

Banyak sekali ilmu yang saya dapatkan untuk bekal saya ketika saya terjun ke dunia kerja nanti, bahwa semua adalah proses, semua butuh waktu dan tidak ada yang instan. Disini saya banyak sekali belajar dari 3 principal dan parametrian. Terimakasih banyak untuk semua ilmunya!

Good bye 

DSC0500_1_2_HDR

Begitulah perjalanan magang saya yang terasa sebentar sekali selama berada di parametr architecture dan saya mau mengucapkan rasa terimakasih saya yang sebanyak-banyaknya buat Mas Ario buat semua ilmunya dan cerita tentang pengalaman Mas Ario untuk menjadi seorang arsitek seperti saat ini bener-bener luar biasa. Mas Harun buat semua ilmunya dan ide2 brilian seperti ide untuk fotress europe yang bikin takjub. Mas Joffie untuk nasehatnya bagaimana menjadi seorang arsitek yang baik, bahwa kita harus punya visi yang jauh kedepan Mbak Sari untuk semua kebaikan mbak sari, nasehat-nasehat untuk masa depan, cerita-cerita membangun dan sharing ilmunya untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Mbak Suci untuk kebaikannya yang sudah mau direpotkan untuk urusan administrasi seperti scan, nyari buku, salam buat anaknya yah mbak lucu banget Mbak Yessi untuk ilmu dalam mendesain interiornya, semoga nanti proses melahirkannya lancar dan anaknya lahir dengan sehat yah mbak! Mas Bamby buat semua ilmu tentang peraturan-peraturan mengenai bangunan yang bakal bermanfaat banget buat saya juga keseruan Mas Bamby yang mencairkan suasana Mas Tommy buat semua sharing ilmu area calculatingnya, candaannya, dan udah mau main uno pas abis kerja yang bikin refresh setelah penat kerja Mas Ali buat ilmu photoshopnya yang bikin saya terkagum-kagum. Bisa bikin gambar bener-bener real kayak foto, luar biasa~ Mas Ryan buat semua ilmu shortcut autocad nya, mas ryan kalo ngerjain cad cepet banget, salut! Mas Supar buat semua candaan dan nyanyian mas supar yang koplak, juga ilmu sketch up nya yang luar biasa Mas Andri buat semua ilmu autocadnya dan cerita-ceritanya, kalo mau naik gunung atau camping ajak-ajak yah mas hehe Mas Kano untuk sari kurmanya pas aku sakit -makasih mass terharu aku- dan ilmu presentasi dan mencari referensinya yang sangat detail, keren banget! Mas Ibnu buat ilmu-ilmu cara ngebuat maketnya, semua maket Mas Ibnu keren-keren banget dan buat supermannya parametr Mas Robbi makasih banyak untuk semua cemilan sorenya yang enak-enak, Mas Syahril yang nganterin kalo mau survey ke proyek.. pokoknya makasih banyak yah mas dan mbaknya sekalian.. me laf u all!

Teruntuk temen-temen magang

Lisa makasih banyak yah sa udah jadi partner magang aku yang paling ciamik. Dengerin curhatanku, nemenin jalan-jalan, maaf yah kita belum sempet buat vlog haha dan jangan galau-galau lagi yah sa semangat! Lupakan dia cari yang lain (?)

Danang thank you banget nang udah mau ngajarin aku software- software, dari corel, vray, sampe sketch-up. Sabar mau ditanyain dan dimintain data hehe, pokoknya keren banget deh lu nang, semua sayembara dihajar,

Monic semangat yah monic buat magangnya! Maaf yah aku harus sudah meninggalkanmu padahal kita baru beberapa hari ketemu.. tapi skill 3d max kamu keren banget, kapan-kapan ajarin aku yah hehe,

Aldo semangat juga yah do! Keren menang favorit kedua bamboo biennale, pokoknya kalian yang semangat yah magangnya serap semua ilmunya, jangan malu buat nanya, jangan takut buat mengeluarkan ide –yah aku juga gitu sih- tapi pokoknya kalian harus semangat!

Once again terimakasih banyak Parametr!!

Back To Top