skip to Main Content
Untitled-1

Sebelumnya perkenalan dulu kali ya, hahahaha. Biar agak ngerti dan tau cerita yang dirasakan J. So, namaku Jhonson, biasa dipanggil Jhon, lahir di medan tapi dah lama di Jogja. Nah sebenarnya alasan saya magang, bukan untuk mencari nilai atau tugas keperluan KP. Saya murni ingin mencari pengalaman dan ilmu, apakah arsitektur ini memang cocok untuk saya. Tau lah ya arsitektur kan berat, dan pasti kalian yang memang berkecimpung di sini, kadang ada keraguan untuk menentukan apakah bidang ini tepat untuk kalian hahahaha. Apalagi rasanya tuh arsitektur kayak hampir setengah hidup waktumu untuk mengerjakan kerjaan kan, jadi pasti merasakan kok kayak no life gitu L hehehehe. Awalnya sih juga pengen nambah CV/portfolio kan karena persaingan arsitektur tu ketat banget, Tapi setelah magang ini keputusan untuk belajar dalam arsitektur semakin ……. (biar penasaran dulu hahahaha).

Okey lanjut, sebenarnya agak malas menjelaskan materi arsitektur yang didapat, tapi bukan berarti gak dapat apa2 malah dapat ilmu banyak banget, tapi aku hanya akan menjelaskan apa yang aku rasa paling penting ya hahahaha (kelihatan banget ya suka maunya sendiri). Nah,hari pertama magang di Studio SA_e, inilah momen dimana saya yang berumur 21 tahun kala itu pertama kali merantau. Awal itu datangnya pagi jam 07.30 dah sampai di kantor, disambut sama mbak sari (yang first impression baik banget……but setelah itu hahahaha I cant say anything) dan mas kano (yang saya terror buat masuk di MAGANG INI!!!!, gila balas emailnya lama bgt, TIPS: besok kalau kalian mau magang di sini, dan belum dapat kabar, diterror aja!!!! Hahahaha ak sampe WA sih kemaren) setelah itu karena saya masuk hari senin, itulah saat PM (Project Meeting).

Suasana PM pertama kali (di Ruang Pematang)

Nah saat ini first impressionnya WOW banget untuk project2nya, jadi banyak yang bisa dipelajari. Setelah PM, kita sebagai anak magang dibriefing lagi oleh Mas Kano (yang ngurus anak magang) Briefingnya dijelasin program magang bakal ngapain, MINDSET dan ATTITUDE dalam bekerja (ini sih yang penting, dan saya masih berusaha untuk mencapainya berkat hinaan dan dukungan anak kantor hahahahaha).

Setelah itu mulailah kita bekerja, hari pertama dan bulan pertama kedua masih merasa senang dan bahagia, saat bulan ini juga masih didampingi dengan event tanam tumbuh (open house Studio SA_e) jadi gak sepenuhnya berarsitektur mulu. Di Tanam Tumbuh ini kebetulan anak magang semua jadi SCnya dan dikepalai sama Mas Kano, dan saya mengajukan diri jadi humas sih (karena suka ngobrol dan kiranya bisa ketemu arsitek2 lain hahahahaha, TIPS lagi ya : anak magang, kalian juga harus banyak memanfaatkan KANTOR magang kalian, jangan Cuma kita yang dimanfaatkan hahahaha). Saat saya jadi humas senang banget sih, karena bisa lebih tau cara menyampaikan proposal, sponsor dan menerror orang yang lebih sopan dan banyak mengenal orang penting di supplier sayangnya L. o ya singkat info aja apa itu tanam tumbuh – open house RUMAH GERBONG, kalau mau liat isi rumahnya gimana bisa di ig @rumahgerbong . nah di sini anak magang diajak belajar ngatur flow activity dan schedule, cari sponsor, bikin proposal, sediain perlengkapan agar acara ini dapat berjalan lancar, jadi acara ini dihandle sama anak magang SAE#01 : Olvi (Dokumentasi and Publication), Indira (Acara), Anis (Perkap), Oliv (Dana dan Sekretariat), Jhonson (Humas). Kala ini banyak belajar berorganisasi juga di dalam lingkup dunia kerja bagaimana.

Diskusi penuh canda dan tawa yang menyenangkan kan ya :3

 

Maaf gk ada Tampak depannya, ini saat membagikan goody bag sponsor ship yang didapat karena hasil kerja keras para panitia tanam tumbuh!!!!(dat booty tho!!!)

 

Nah setelah acara ini selesai, kembali lagi kedalam dunia kerja kearsitekturan. Sedikit gambaran kalau kerja di STUDIO SA_e tu enaknya poll (untuk aku ya) jadi kerja di sini tu lebih communicative, dan kalian juga harus cepat beradaptasi sih. Awalnya ketika saya kerja di sini agak ragu untuk berkomunikasi karena ngerasa canggung gak sih kalau ngomong sama orang lebih tua hahahahahha (meskipun pernah manggil bapak-bapak di kantor tidak dengan mas di depannya biar keliatan akrab sih hahaha)

Keseruan saat kerja, masih bisa santai dipijetin sama mas Alvin!!! Jangan dipikir pusing coy!!! Hahaha. Work is about fun Too!!!

         Dan di sini, jangan harap tidak bisa sehari tanpa ngobrol, karena selalu diajak bercanda, dats why this workplace is so LIVELY!!!,  (TIPS again : semakin cepat beradaptasi , semakin comfortable ngerjain sesuatu but still know your place, kadang aku suka kebablasan hahahaha) . UUU pasti tertarik banget sih kerja di sini. Nah iya memang di sinilah awal ketertarikan namun itu juga diimbangin dengan kerjaan arsitektur yang tiada henti (yang kadang merasakan hidup di kantor untuk kerja dan di kos hanya untuk tidur but dats work baby!! Akhirnya mengenal dunia kearsitekturan setelah lama menjalininya sih) untungnya dengan suasana workplace begini menjadi lebih nyaman, dan kalian juga setiap ada kesalahan dalam sesuatu dibantu sama senior2 architect disini dan selalu diawasin dan diterror sama principal kita Mas Ario (TIPS : jangan malu bertanya apalagi kalau sudah kenal, ingat manfaatkan ilmu mereka!!!! But always be RESPONSIBLE)

Here is beberapa karya yang saya bantu di studio SA_e :

Ini bulan 1 : buat ini butuh 2 hari hahahahaha, cupu banget ya

Ini Bulan 2/3 : buat ini 1 hari lah ya

Bulan 4/5 : buat ini butuh setengah hari.

Jadi emang benar practice makes perfect with the right mentor to guide you!!! (TIPS : kalau ngerasa udah jenuh magang, selalu ingat karya yang kamu buat dari kuliah sampe sekarang dan  semakin lama pasti semakin berkembang apalagi didukung dengan mentor2 di tempat magang!!!)

Selain bekerja di dalam kantor juga ada beberapa kegiatan di luar seperti ekskursi, meeting, mengikuti seminar dan jalan2 tiap jumat!!!! ini sih yang paling enak selama bekerja, karena jalan2!!!!!.o ya selain jalan2, juga dapat kesempatan langsung untuk mengerjakan project kolaborasi dengan biro arsitek lain!!! jadi di sini juga bisa banyak belajar dari luar bukan hanya dari dalam doang.,

Salah satu Ekskursi di ANDALAN HQ

Ikut meeting, ini senang banget!!! Karena bisa diajak langsung ketemu dengan client/owner dan belajar banyak banget dalam menentukan dan cara menanggapinya.

Ini kesempatan yang asik juga, dapat bekerja langsung bersama di biro arsitek lain yaitu DAW!!! Banyak belajar dan mengenal orang baru!!! Asik banget pokoknya.

Nah hal seperti ini sebenarnya mungkin kamu bisa didapatkan ditempat lain, but!!!! SA_e itu uniknya di sini yang saya bisa katakan di judul MEANINGFUL FAMILY, yah layaknya keluarga yang mereka benar2 care sama kamu, mungkin karena memang suasana kerja disini orang2nya terbuka dan kita juga harus terbuka ke mereka. Jadi awalnya kadang ngerasa kok kepo banget nanya truss hahahaha, tapi sebenarnya semakin mereka mengenal kamu, kamu juga akan mengenal mereka semakin dekat dan membuat kamu nyaman kerja di sana. Jadi kamu makin betah di sana.(but bisa jadi bahan bully juga hahahaha). Nah kita mulai satu2 ya, ini sih yang lebih berkesan ke aku, The people who are inside of the process :3

THE UNIQUENESS of STUDIO SA_e FAMILY :

  1. Mas Ario (Principal) : Mas ario tuh selalu memberikan support yang luar biasa ke anak magang, membukakan mata namun juga mendukung dengan caranya (memberi kita snack tambahan kalau lembur hahahaha. Padahal udah dapat makan 4x loh (makan pagi, siang , snack dan makan malam + kalau lembur kadang diberikan makan lg , hahaha itu support energy sih, tapi yang paling berkesan adalah karena mas ario selalu menceritakan pengalaman hidupnya, dan selalu memberikan masukan ke kita untuk kehidupan harus bagaimana dan dalam kerjaan harus gimana (biasa kita sebut kuliah malam sih, semacam renungan malam yang didapat dari orang yang berpengalaman jadi berasa banget kebapakannya kepada anak2nya)

THANKYOU MAS ARIO!!! KULIAH MALAMNYA TU INSPIRASIONAL HAHAHA!!!

  1. Mas Bamby (Project Manager) : nah kalau mas bemby lebih kedalam sisi yang sangat perhatian ke dalam kinerja orang dan masalah yang ada. Layaknya bapak yang selalu memperhatikan kita, dan selalu memberi kita masukan. Ada masukan yang paling mengena sih (jangan pernah merugikan orang lain atas kehendakmu, salah satu attitude sih) jadi banyak belajar Attitude juga dari mas bemby hahaha.

THANKYOU MAS BAMBY!!! PASTI BAKAL KANGEN BANGET MAKAN BARENGNYA!!!! JAGA KESEHATAN MAS!!!

  1. Mbak Sari (Admin) : duh kalau mbak sari sih, saya yang paling bermasalah hahahahaha, jadi karena banyaknya kesalahan yang masih dalam proses belajar. Mbak sari paling sering marahin saya, kalau bapak2 di atas ngomongnya baik2, yang ini galak hahahahaha. Jadi memang benar sih, selalu ada orang yang galak dan sebenarnya kegalakan dan marah ini karena mbak sari peduli sama kita, bagaimana kalau dia tidak marah? Malah makin takut gak sih dengan kesalahan yang diperbuat, pasti kita tidak tau kesalahan kita malah bukannya berkembang tapi malah stuck gitu2 aja (maaf ya mbak, banyak kesalahan yang aku perbuat hahaha)

THANKYOU MBAK SARI!! GAJI DAN KEPEDULIANNYA!!!!

  1. Mas Kano : kalau mas kano, dia juga berperan penting banget dalam mendidik kita menjadi lebih baik, mas kano selalu merespon kita dan mengingatkan kita dengan caranya yaitu mendekatkan dengan kita, tau masalah dan memberi solusi kadang dengan sindiran kalau udah gak tertahan kan, tapi ya layaknya teman dekatmu / sahabatmu yang memang sangat peduli sama kamu, ingin kamu berubah, Cuma kadang agak ngeselin ya hahaha.

THANKYOU MAS KANO!!! SELALU CARE DAN HAPPY!!!

  1. Mas Tomy : hmmm Mas Tomy tu misterius sih, hahahaha, banyak gagasan / ide yang menarik dari mas tomy baik itu kehidupan maupun kerjaan dan kepedulian mas tomy tu selalu dari perspektif yang unik , dan itu membuat kalian menyadari apa yang sebenarnya anda tidak sadari padahal kalian mengalami. Gila keren banget gak sih, banyak masukan2 yang benar dapat diterapkan, Cuma kadang sering diremehkan agak kesel juga. Hahaha.

THANKYOU MAS TOMY!!! YOUR UNEXPECTED THOUGHTS AND INSPIRATION!!

  1. Mas Pandu : kalau mas pandu itu, banyak mengajarkan hal dalam teknisnya berarsitektur , cepat , efisiensi , tepat. Jadi dalam proses mendesain, proses membuatnya itu semua saya banyak mempelajari dari mas pandu, dan teman cerita sih, jadi karena tempat duduk yang dekat dengan mas pandu, juga sering bercerita dan dipantau teruss kerjaanya, dan selalu jujur kalau bilang jelek ya jelek hahahaha, tapi dikasih solusi loh!! Ntaps banget pokoknya. (promosiin magang di SA_e banget hahahaha)

THANKYOU MAS PANDU!!! CEPAT CARI PACAR SANA!!!

  1. Mas Alvin : aduh kalau ini sih tukang cerewetnya di studio SA_e, ngomong truss tapi enaknya selalu bisa mencairkan suasana duo sama mas kano sih, dan karena juga sebelumnya anak magang jadi banyak diajarin harus bagaimana kalau magang (A GUIDE BOOK TO MAGANG). O ya, dan karena banyaknya mas Alvin bercerita, kita juga banyak belajar, dan temen lembur sabtu minggu hahaha :3.

GOOD LUCK!!! AND THANKYOU MAS ALVIN!!!! JANGAN KANGEN PIJETANKU YA!! EAK :*

  1. Mas Rian : karena mas rian dibagian produksi, jadi banyak belajar cad sama dia, Cuma ini ni orangnya asik diajak ngobrol karena bercanda mulu gk serius2 banget, tpi kadang kalau lg mau serius juga susah banget ini orang ditanya. tapi juga banyak informasi, tips and trick ngecad yang benar!!!

THANKYOU MAS RIAN!!!! BUAT AJARAN CAD YANG SANGAT SINGKAT!!!

  1. Yoni : …. Kalau yoni sih, B aja ya hahahaha. Sebenarnya keren sih yoni karena rajin banget , dia orang selalu lembur kerjaan arsitektur dibagian produksi, semacam hardwork beats talents gitu!!!!.

THANKYOU YON!!! KEEP THE SPIRIT AND FIGHTING!!!

  1. Kukun : kukun ya sama lah sama yoni hahahahaha. Mereka semacam duo yang tidak terpisahkan!!!

THANKYOU KUN!!! KEEP FIGHTING!!

  1. MBAK YANI : makasih makanan yang diberikan untuk membuat kita kuat dan berenergi melanjutkan pekerjaan kitaa!!!, meskipun kadang keasinan hahahahaha. Tapi sekarang semakin enak mbakk!!

THANKYOU MBAK YANI UNTUK MAKANANNYA!!!!

Nah itu orang yang sangat berperan penting dalam magang saya untuk dapat menjadi lebih baik dan selalu akan berkesan, karena mereka bukan hanya mengajarkan tetapi memberikan kenangan dan pengalaman yang tak terlupakan!!!.

 

Tapi juga tidak kalah berperan penting adalah anak magang di batch yang sama batch SA_e 01, Indira, Olvi, Oliv, Anis. Karena semua anak magang adalah TIM!!!!

 

Indira : Bunda galak, nah bunda galak ini suka nonjokin orang dengan kata2nya yang tegas hahaha dan nyelekit, tapi enaknya bunda ini selalu adil, jadi kalau mau nanya sesuatu yang jawabannya terkait personal atau benar, tanyalah ke bunda ini, karena dia tidak memihak siapaun, dan juga karena pinter banget jadi banyak belajar sama bunda ini, temen main kemana2 dan diajarin hidup di Tangerang dan cara main di jekardah, naik KRL hahahahha sama kemana2 aja selalu nanya dia (TIPS : anak magang yang sebaya juga punya ilmu yang kalian tidak tau lo)

Olvi     : Teman Curhat!!! Karena mungkin agak related sm olvi, jadi lebih enak cerita sama olvi, pendengar yang baik banget!!, dan temen makan truss hahahha. Paling suka kalau makan sama olvi, karena sama2 punya selera yang sama hahaha. Dan selalu mau dengerin keluh kesah yang terjadi hahahaha!!! Dan penjaga rahasia yang terbaik :3

Oliv     : Rapper Cewek, awalnya tidak terlalu dekat sama dia meskipun berasal dari univ yang sama, ini orang kalau ngomong dah kayak ngerap cuy!!!, cepet banget ngomongnya 1 kata / 0.1 detik. Tapi memang teman dalam keadaan apapun, gampang diajak jalan, dan yang paling bikin oliv unik adalah selalu positif dari segala hal.

Anis     : Tukang, hahahahahahaha, kalau ini jagonya teknis perlengkapan, tapi juga kayak buku arsitektur berjalan, anak magang yang padahal seumuran tapi ilmu akan arsitektur dan tokoh2nya sudah lumayan banget. Juga asik diajak jalan, karena suka ekspedisi dan suka motoin orang hahahaha.

 

             Magangers SA_e #01 Teams!!!

So In the END, I couldn’t say this all a lot about them if I don’t Know THEM, and they  do not only be your friend but they improve and give you strength as a FAMILY, that’s why to me STUDIO SA_e is A MEANINGFUL FAMILY.

 

Akhir kata, saya mengucapakan banyak terima kasih dan pengalaman maupun ilmu yang berharga, dan mohon maaf akan kesalahan yang diperbuat baik sengaja maupun tidak disengaja . Terimakasih STUDIO SA_e, Love it so much for the experience and I wont regret it though there must be a risk to proceed what we have!!!

Dan ….. yang diatas belum kejawab yang semakin ingin menjadi arsitek / tidak. Kalau mau tau bisa follow @jhonson_yong hahahahaha, distalk aja biar tau udh jadi arsitek apa belum!!!! Hahahaha!!

 

 

Back To Top